Tips mengurangi peggunaan ponsel saat bekerja

Saat ini keberadaan smartphone menjadi sangat penting dalam hidup seseorang, baik untuk kebutuhan pribadi hingga pekerjaan. Smartphone berfungsi untuk membantu hidup seseorang, mulai dari sekadar hiburan dengan aneka permainan online, bermedia sosial, hingga urusan yang serius.

Mungkin jaman sekarang ponsel adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia, karena wajar saja jika waktu dihabiskan untuk menatap layar smartphone. Jika dalam waktu senggang, tentu sah jika bermain ponsel. Tetapi, tidak untuk waktu bekerja. Bisa-bisa produktivitas kerja Anda jadi terganggu.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Seperti dikutip dari Liputan6.com, berikut cara kurangi keinginan melihat ponsel saat bekerja:
1. Buat Jadwal Cek Ponsel
Solusinya adalah dengan cara menentukan waktu mengecek smartphone, bisa setiap satu hingga dua jam sekali, atau jika di kantor pada saat jam makan siang. Lakukan hal ini secara konsisten hingga Anda akan terbiasa dengan sendirinya.
2. Jauhkan Ponsel dari Jangkauan
Bukan maksudnya meninggalkan ponsel Anda di rumah atau resepsionis kantor, tapi setidaknya pada saat jam kerja, Anda bisa meletakkannya di tempat-tempat yang agak jauh dari jangkauan, semisal di tas kerja.

3. Atur Ponsel dari Dering ke Diam
Mau tidak mau, untuk mengurangi keinginan segera melihat ponsel seketika itu juga saat ada pesan atau notifikasi masuk, Anda harus mengatur ponsel dari dering ke diam (silent). Sehingga pendengaran Anda tidak akan terganggung oleh suara dari ponsel Anda yang bisa memecah konsentrasi saat bekerja.

4. Matikan Ponsel atau Pasang Mode Penerbangan
Kendati cara yang terakhir agak kurang tepat karena seharusnya digunakan saat Anda sedang berada di pesawat terbang, namun bisa juga Anda coba. Intinya, dengan tidak mengaktifkan ponsel untuk sementara, Anda akan ‘dipaksa’ tidak melihat smartphone sejenak. Berat memang, apalagi jika Anda sudah kecanduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *