5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Naik Jabatan!

Memiliki karyawan dengan kinerja yang baik adalah impian setiap perusahaan. Jika kamu ingin jadi salah satunya, kamu perlu memiliki produktivitas kerja yang baik pula. Selain disenangi oleh atasan, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan promosi naik jabatan.

Biasanya, untuk naik jabatan, seseorang harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti menunjukkan kinerja kerja yang baik, kemampuan untuk memimpin, bekerja sama dengan orang lain, dan mengambil inisiatif.

Saat naik jabatan, ada beragam benefit yang bisa kamu rasakan seperti kenaikan gaji, tanggung jawab yang besar hingga kesempatan untuk memimpin dan mengambil keputusan yang lebih strategis. Sangat menggiurkan bukan? Lantas, bagaimana cara efektif agar bisa cepat naik jabatan?

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar karirmu melesat dan bisa cepat naik jabatan, diantaranya :

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik untuk naik jabatan. Buatlah rencana kerja yang terperinci dan tetapkan batas waktu yang realistis untuk mencapainya. Misalnya dalam jangka 5 tahun kamu menargetkan untuk naik jabatan dari posisi staff ke posisi manajerial dalam suatu divisi tertentu. 

Caranya dengan mengatur kinerja kerja agar target KPI dari atasan dan perusahaan bisa tercapai setiap tahunnya. Dengan begitu, kamu bisa dinotice oleh atasan bahwa kamu seorang yang konsisten dan punya tujuan dalam bekerja.

2. Tingkatkan Keterampilan

Teruslah belajar dan tingkatkan keterampilan Anda agar menjadi lebih ahli di bidang Anda. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan seperti membaca buku-buku yang relevan, mengikuti pelatihan atau seminar, dan manfaatkan sumber daya lainnya yang tersedia. Jika saat ini kamu berada di posisi staff divisi marketing, maka kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan atau bootcamp tentang pemasaran atau penjualan produk.

3. Jalin Hubungan Baik

Tips selanjutnya adalah jalinlah hubungan yang baik dengan atasan, rekan kerja, dan klien. Selalu bersikap profesional dan ramah dalam berinteraksi dengan orang lain. Kamu juga harus terbuka terhadap feedback, kritik dan saran dari atasan dan rekan kerja. Terima kritik dengan lapang dada dan gunakan umpan balik tersebut untuk meningkatkan kinerja Anda.

4. Berikan Kontribusi

Berikan kontribusi yang berarti di tempat kerja kamu. Jangan takut untuk mengambil inisiatif dan menyelesaikan tugas-tugas yang lebih besar dari tanggung jawab kamu. Ambillah tanggung jawab dan jangan takut untuk mengambil risiko. Jika dalam praktiknya kamu bisa menangani tanggung jawab yang lebih besar, maka kemungkinan besar kamu juga akan diberikan lebih banyak kesempatan oleh atasan dan perusahaan.

5. Jaga Etika Kerja

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar cepat naik jabatan adalah menjaga etika kerja dan tetap fokus pada tujuanmu. Hindari perilaku yang tidak etis atau kontraproduktif. Menerapkan etika di kantor bisa melatih diri untuk bersikap dan memengaruhi citranya. Dengan begitu, kamu bisa selangkah lebih dekat untuk meningkatkan karirmu.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda