Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Karyawan merupakan salah satu faktor penting bagi kemajuan sebuah bisnis. Anda harus mengetahui cara meningkatkan kedisiplinan karyawan supaya mereka bisa memberikan kontribusi terbaiknya dalam setiap tugas yang dikerjakan.

Tidak jarang, aktivitas bisnis menjadi terganggu karena kinerja karyawan yang menurun. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya kedisiplinan dari karyawan. Maka dari itu, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan.

Membuat Aturan yang Jelas, Tegas, dan Fleksibel

Untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan, perusahaan harus memiliki aturan yang tegas. Misalnya, apabila terlambat masuk kantor, konsekuensinya berupa pemotongan gaji. Selain itu, apabila tidak hadir tanpa keterangan, karyawan bisa diberikan surat peringatan.

Akan tetapi, aturan-aturan tegas itu harus tetap jelas dan fleksibel. Dalam artian, perusahaan perlu memaklumi situasi serta kondisi tertentu ketika karyawan tidak bisa mengikuti aturan dengan baik. 

Sebagai contoh, karyawan datang terlambat karena mengalami masalah di perjalanan. Aturan pemotongan gaji seharusnya tidak perlu diberlakukan di sini. Perusahaan bisa meminta karyawan mengganti waktunya yang hilang karena keterlambatan dengan pulang agak telat. Dari sini, karyawan akan senang mengikuti aturan karena semuanya jelas.

Memberikan Hak serta Kewajiban yang Sesuai

Kemudian, karyawan akan dengan senang hati menjadi disiplin apabila memang hak serta kewajiban yang mereka lakukan itu sesuai. Sebagai sebuah perusahaan, pastikan untuk memenuhi hak karyawan tepat waktu dan sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.

Karyawan yang merasa mereka diperlakukan tidak adil akan menyebabkan semangat kerja menurun. Kedisiplinan karyawan akan terganggu karena mereka merasa dirugikan. Maka dari itu, berikanlah pekerjaan atau kewajiban yang memang sebanding dengan hak yang diterima. Apabila ada kewajiban lain di luar tugas mereka, Anda perlu memberikan sesuatu untuk menghargai apa yang mereka kerjakan.

Menerapkan Sistem Reward dan Punishment

Sistem reward dan punishment merupakan hal-hal yang membuat karyawan termotivasi sekaligus lebih berhati-hati dalam bekerja. Karyawan akan meningkatkan kedisiplinan supaya bisa mendapatkan reward atau apresiasi yang diinginkan.

Terkait punishment, tidak ada siapa pun yang ingin mendapatkan hukuman. Oleh sebab itu, banyak karyawan akan menghindari hukuman tersebut dengan menjadi pribadi yang lebih disiplin. Mereka tidak ingin mendapatkan punishment hanya karena kurang disiplin. Jadi, karyawan pun akan berusaha memperbaiki catatan kedisiplinan mereka.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Kondusif

Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif benar-benar dapat memengaruhi produktivitas. Melalui lingkungan semacam itu, karyawan dengan senang hati akan meningkatkan kedisiplinan. Sebab, karyawan tidak merasakan tekanan yang berlebihan sehingga bisa berpikir lebih jernih dalam bekerja.

Tidak hanya itu, suasana yang kondusif juga membuat karyawan bisa lebih fokus dalam mengerjakan setiap tugasnya. Fokus tersebut membantu karyawan dapat bekerja lebih cepat dan efektif.

Menggunakan Waktoo

Terakhir, Anda bisa mencoba menggunakan software Waktoo Attendance untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Produk ini memiliki berbagai fitur, seperti sistem presensi dengan selfie, pengajuan administratif secara mandiri, hingga menjadi pusat informasi untuk perusahaan.

Dari sini, karyawan pun akan lebih mudah dipantau terkait kedisiplinan mereka. Anda bisa memantau dengan mudah apakah setiap harinya karyawan datang tepat waktu atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa membuat karyawan lebih nyaman karena sistem pengajuan lembur atau cuti yang dibuat lebih mudah. 

Kesimpulannya, kedisiplinan karyawan dapat ditingkatkan dengan aturan yang jelas serta kesesuaian hak dan kewajiban yang dilakukan oleh karyawan. 

Tidak hanya itu, penting untuk memperhatikan perasaan dan pikiran mereka. Anda bisa membuat karyawan merasa nyaman bekerja di kantor sehingga mereka berpikir bahwa tidak ada ruginya apabila mereka menjadi pribadi yang disiplin dalam bekerja. Sebab, kedisiplinan tersebut nantinya akan menguntungkan karyawan itu sendiri.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda