Hati-Hati! 5 Kesalahan Ini Perlu Kamu Hindari Saat Bekerja

Terkadang tanpa disadari kita seringkali melakukan berbagai kesalahan saat bekerja. Bagi beberapa orang, kesalahan ini mereka anggap jadi hal biasa yang dilakukan bahkan tak sedikit dari mereka yang menjadikannya sebagai sebuah habit. 

Meski terlihat sepele, namun jika terus menerus dilakukan, tentu dapat mengancam perjalanan karier kamu kedepannya. Jika tak ingin kariermu terancam, perlu bagi kamu untuk mengetahui beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari saat bekerja. Berikut lima kesalahan tersebut diantaranya :

1. Sering Masuk Terlambat

Kedisiplinan seorang karyawan dapat terlihat dari bagaimana ia bisa mengatur waktunya seefektif mungkin dalam bekerja. Contohnya kecakapan karyawan dalam mengerjakan tugas sebelum deadline atau bahkan rutinitas berangkat kerja yang lebih pagi.

Kesalahan yang kerapkali dilupakan karyawan adalah berangkat dan tiba di kantor tidak tepat waktu. Oleh karena itu, sering masuk terlambat jadi hal yang harus dihindari agar tidak menimbulkan konflik internal di kantor.

Apalagi jika kamu merupakan karyawan baru, pastikan untuk berangkat lebih awal ke kantor untuk menghindari terlambat. Ada baiknya kamu sudah mengetahui terlebih dahulu rute atau jalan tercepat untuk menuju ke kantor agar terhindar dari kata terlambat.

Baca Juga Value VS Quality, Mana Yang Lebih Penting Dalam Dunia Kerja?

2. Tidak Jujur Saat Belum Paham Tentang Pekerjaan/Peraturan Kantor

Agar terlihat lebih berkompeten, seringkali karyawan tidak jujur saat belum memahami sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan atau peraturan kantor. Padahal, mengatakan yang sebenarnya bahwa kamu belum paham pada pekerjaan atau penjelasan atas tidak membuat kamu lantas jadi karyawan yang tidak baik lho. 

Justru dengan berkata jujur pada atasan tentu akan memudahkan atasan mengetahui bagaimana pemahaman kamu terhadap tugas yang sedang kamu akan atau sedang diselesaikan. Oleh karena itu, janganlah segan untuk sekedar bertanya kembali atau meminta saran pada atasan atau rekan kerja untuk memudahkan perjalanan karir kamu kedepannya.

3. Mengganti Plan Kerja Tanpa Konfirmasi dengan Atasan

Dalam lingkup kerja, biasanya atasan memiliki beberapa plan kerja yang nantinya akan dijalankan oleh para bawahannya. Rencana kerja ini kemudian diseleksi bersama dan dipilih mana plan kerja yang sekiranya dapat mencapai tujuan.

Setalah disepakati ada baiknya kamu mengikutinya sesuai dengan arahan atasan. Kesalahan besar yang tidak boleh kamu lakukan adalah mengganti plan kerja tanpa mengonfirmasinya dahulu terhadap atasan. 

Terlebih jika yang sedang dikerjakan adalah proyek besar, maka wajib untuk berkoordinasi pada atasan atau mengajukan pendapatmu di dalam forum. Dengan begitu, atasan dan tim dapat bekerjasama dalam mencari solusi.

Baca Juga 4 Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang Toxic

4. Terlalu Berlebihan dalam Mengekspresikan Kekecewaan Pada Rekan Kerja

Tidak dapat dipungkiri, dunia kerja adalah dunia yang rentan dengan permasalahan di kantor dan orang-orang didalamnya. Terkadang ada saja hal yang membuat kamu merasa kecewa baik karena pekerjaan maupun rekan-rekan kerja.

Meski masalah datang silih berganti, jangan sekali-kali ekspresikan kekecewaanmu secara berlebihan pada rekan kerja. Misalnya merespon dengan kata-kata negatif secara langsung pada seseorang yang membuatmu kesal di kantor.

Pasalnya, jika sampai melakukannya, maka bukan tidak mungkin kamu akan memiliki konflik internal yang berkepanjangan dengan rekan kerja dan bisa saja kamu di cap tidak professional dalam bekerja.

5. Tidak Merespon Saat Rekan Kerja Memerlukan Bantuan

Dalam bekerja, kita tak hanya dituntut untuk bekerja secara individu, melainkan juga harus bisa bekerja dalam tim. Dalam situasi tertentu, ada kalanya rekan kerja membutuhkan bantuanmu untuk menyelesaikan tugas karena alasan tertentu. 

Walaupun itu bukan tanggung jawabmu, membantu rekan kerja merupakan hal yang boleh saja dilakukan oleh seorang karyawan. Meski begitu, kamu harus paham sampai batas mana kamu dapat membantunya. 

Cukup membantu sekedarnya saja dan tidak berlebihan.  Jangan sampai kesempatan ini justru dimanfaatkan rekan kerja untuk selalu meminta bantuanmu. Yang terpenting, dengan membantu teman kantor sudah cukup membuktikan bahwa kamu merupakan pribadi yang mampu bekerja sama dan berkolaborasi.

Demikianlah lima kesalahan yang harus kamu hindari saat bekerja. Agar kariermu bisa melonjak naik, kamu perlu meninggalkan kesalahan-kesalahan tersebut di tempat kerja. Bagaimana, sudahkah kamu siap melakukannya?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda