Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Meminimalisir Kecurangan Absensi dengan Presensi Online

Kecurangan absensi tentunya membuat perusahaan merugi. Karyawan yang memanipulasi absensi artinya mereka merugikan perusahaan dengan cara tidak bekerja sesuai dengan kewajiban yang ada. 

Apabila dibiarkan terus-menerus, pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawab karyawan tersebut akan terbengkalai. Hal tersebut akan mengganggu jalannya produksi perusahaan.

Sebagai pemilik perusahaan atau HRD, penting sekali untuk mencari solusi untuk mencegah kecurangan tersebut. 

Terdapat beberapa kasus kecurangan absensi yang pernah terjadi. Di antara bentuk kecurangannya adalah sebagai berikut:

  • Kesalahan rekapan jam kerja
  • Titip absen
  • Waktu kerja yang tidak sesuai
  • Menginput data palsu
  • Memanipulasi data kehadiran
  • Jam datang yang tercatat tepat waktu, padahal terlambat

Bentuk-bentuk kecurangan di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya kecurangan lainnya. Tidak hanya sekadar kecurangan, presensi manual juga rentan terjadinya kerusakan atau kesalahan yang dapat membuat sistem absensi kacau.

Maka dari itu, presensi online bisa menjadi jawaban untuk meminimalisir kecurangan absensi. Mengapa demikian? Karena, presensi online dilengkapi dengan teknologi yang memang mendukung pencegahan kesalahan-kesalahan dalam absensi.

Sistem presensi online juga memberikan berbagai macam keunggulan lainnya. Misalkan, HRD dapat mengatur jadwal kerja karyawan secara langsung dari platform. Mereka bisa menambahkan, memodifikasi, hingga menetapkan jadwal kepada karyawan. Jadi, pembuatan jadwal kerja dapat disesuaikan dengan mudah dan efisiensi.

Selain itu, sistem presensi online juga mendukung penggunaan face recognition. Manipulasi absensi atau titip absen dapat berkurang berkat penggunaan teknologi ini. Sebab, face recognition mampu meminimalisir pemalsuan dari foto yang ada.

Terakhir, sistem presensi online memiliki fitur untuk pengajuan prosedur administratif. Seperti diketahui, umumnya karyawan melakukan kecurangan presensi karena kesulitan untuk melakukan izin atau cuti.

Oleh sebab itu, dengan adanya pengajuan secara mandiri, hal tersebut memungkinkan karyawan untuk mengajukan permohonan lembur, reimburse, izin, hingga cuti dengan fleksibilitas waktu dan lokasi.

Salah satu contoh software presensi online adalah Waktoo Human Resource Management (Waktoo HRM). Setiap fitur dalam Waktoo HRM telah dibuat khusus untuk meminimalisir potensi kecurangan.

Caranya adalah dengan mengandalkan penyimpanan data yang aman di Cloud. Jadi, setiap data terkait presensi tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan integritas di antara karyawan.

Apakah Anda ingin mencoba Waktoo untuk meminimalisir kecurangan presensi online? Klik di sini sekarang untuk mengefisienkan proses absensi Anda.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda