10 Rekomendasi Aplikasi Payroll Online Terbaik Untuk Bisnis Anda

Seringkali proses yang memakan waktu dalam proses payroll menjadi kesulitan tersendiri bagi sebuah bisnis. Payroll sendiri adalah salah satu sistem penggajian terhadap karyawan dengan tanggal pencairan yang sudah ditentukan. Cara-cara manual juga memungkinkan pelaku bisnis maupun HR dapat melakukan human error dalam penghitungan gaji karyawan.

Berkat kemudahan di era digital, masalah ini dapat diatasi dengan hadirnya platform dan aplikasi payroll. Dalam waktu singkat, permintaan pasar terhadap aplikasi payroll online pun semakin meningkat. Banyak bermunculan beragam aplikasi payroll online yang menawarkan berbagai fitur unggulan untuk mempermudah perusahaan maupun bisnis. 

Apa Itu Aplikasi Payroll Online?

Aplikasi payroll adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu bagian personalia dari perusahaan dalam mengelola sistem gaji secara otomatis. Software atau aplikasi payroll biasanya akan terintegrasi dengan sistem presensi karyawan sehingga penghitungan gaji karyawan menjadi lebih cepat dan mudah dari sebelumnya yang penghitungannya bersifat manual. 

Melalui aplikasi payroll, perusahaan dapat mengkalkulasikan gaji karyawan beserta dengan komponen seperti bonus, tunjangan, potongan asuransi secara otomatis sesuai dengan ketentuan perusahaan. Tak hanya itu, pelaku bisnis ataupun HR tidak perlu lagi melakukan kalkulasi dengan tabel dan mengirimkan gaji karyawan secara satu per satu.

10 Rekomendasi Aplikasi Payroll Online Terbaik Tahun 2023

Berikut kami berikan 10 rekomendasi aplikasi payroll online terbaik yang dapat Anda pilih atau pertimbangkan untuk bisnis Anda, yaitu: 

Baca Juga Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Mulai Nggak Betah Di Tempat Kerja

1. Waktoo

Waktoo adalah sebuah platform dan aplikasi layanan payroll yang dapat membantu menjalankan perusahaan atau bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. 

Platform Waktoo dapat mempermudah dan membantu HR dalam manajemen payroll seperti melakukan rekapitulasi absensi, gaji dan pencatatan payslip karyawan dengan sistem terautomasi yang terpantau real time dari kantor pusat.

Waktoo juga menyediakan akses free-trial bagi Anda yang ingin merasakan manfaat dan fitur-fitur terbaik di dalamnya tanpa dipungut biaya alias gratis. Untuk mendapatkan akses gratis, Anda cukup daftar Waktoo dan nikmati fasilitasnya!

Kelebihan : 

-Sistem presensi karyawan lengkap terintegrasi dengan payroll

-Sistem payroll dinamis dan terautomasi

-Perhitungan otomatis payroll pada PPh21, BPJS, pajak dan pro-rate otomatis

-Informasi biaya pengeluaran perusahaan dapat diunduh sebagai laporan

Jadwalkan Demo

2. Talenta

Aplikasi Talenta merupakan aplikasi layanan dan software payroll yang memberikan klaim bahwa mereka dapat mempercepat proses payroll hingga 93%. Talenta mencoba memberikan inovasi dengan mengganti penghitungan manual pada proses payroll menjadi lebih cepat secara otomatis.

Talenta menyediakan training gratis, bantuan onboarding secara step-by-step, serta panduan sistem yang dapat diakses online. Harga dari layanan Talenta adalah berkisar mulai dari Rp20.000 / pekerja setiap bulannya.

Kelebihan :

-Data absensi terintegrasi dengan modul payroll
-Sistem transfer gaji fleksibel dan tepat waktu tanpa biaya tambahan
-Rekapitulasi dan penghitungan komponen gaji secara otomatis dan akurat sesuai regulasi
-Akses payslip dan laporan pajak secara online

3. Gadjian

Gadjian merupakan salah satu aplikasi web dan mobile yang dapat mengelola penggajian dan data karyawan secara online. Fitur payroll menjadi fitur andalan dari aplikasi software Gadjian.

Sistem penggajian karyawan di aplikasi ini fleksibel dan dapat diakses online memudahkan perhitungan gaji karyawan dengan beragam komponen tunjangan, termasuk mengkalkulasi lembur, THR, dan bonus.

Situs ini menawarkan berbagai macam fitur untuk mempermudah sistem penggajian juga pengelolaan HR perusahaan. Harga yang ditawarkan oleh layanan payroll ini adalah Rp12.500 per karyawan setiap bulan.

Kelebihan :

-Berbasis web sehingga bisa diakses dimana saja
-Analisis data karyawan dan absensi terpusat
-Kemudahan dalam perizinan cuti, izin sakit, dan perolehan benefit
-Dapat menghitung dan membayar gaji (payroll), lembur, dan THR secara otomatis
-Penghitungan payroll dengan memperhitungkan PPh 21 dan BPJS secara otomatis
-Akses keamanan terjaga

4. Linovhr

Aplikasi LinovHR adalah aplikasi payroll online yang memungkinkan pelanggannya dapat mengakomodir penggajian karyawan dan pengelolaan data karyawan. banyak proses penggajian seperti melakukan kegiatan penghitungan payroll, pembayaran gaji beserta komponennya secara rutin maupun perodik, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji hingga menghasilkan laporan payroll.

Tersedia berbagai fitur menarik di dalamnya yang dapat mempermudah penghitungan gaji karyawan seperti Fitur Payment Method, Fitur Account Code, Fitur Payroll Component, Fitur Payroll Grup dan Tax Calculator untuk melihat simulasi pembayaran pajak selama satu tahun.

Kelebihan :

-Proses payroll fleksibel dan tidak memakan waktu
-Memiliki cloud sehingga mampu menyimpan database penggajian karyawan dalam jumlah banyak
-Sistem payroll disesuaikan dengan peraturan perpajakan Indonesia
-Menyediakan laporan khusus sesuai kebutuhan perusahaan
-Terjamin keamanan datanya

5. GajiHub

Aplikasi GajiHub merupakan salah satu aplikasi pengelolaan payroll karyawan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda. Dengan Software GajiHub, Anda bisa mengelola proses penggajian, HR dan absensi dalam satu software terintegrasi. Harga yang ditawarkan oleh GajiHub ternyata cukup bervariasi, tergantung pada paket yang ingin konsumen dapatkan. GajiHub menawarkan harga sesuai pengadaan fitur yakni ada paket gratis, Rp11.900 / karyawan, dan Rp16.900 / karyawan setiap bulannya.

Kelebihan :

-Menyediakan penghitungan payroll dengan dukungan penghitungan pajak serta BPJS.

-Sistem presensi yang terintegrasi dengan sistem penggajian secara otomatis

-Adanya analisis kinerja karyawan secara real time

-Adanya sistem konfigurasi cuti, izin kerja dan klaim reimbursement

Baca Juga Proses Administrasi Gajian Jadi Lebih Mudah dengan Waktoo

6 Axia Solusi

Axia Solusi juga merupakan aplikasi payroll yang bisa jadi pilihan Anda sebagai alternatif sistem payroll otomatis perusahaan. Harga yang ditawarkan oleh Axia Solusi akan disesuaikan dengan permintaan dan kelengkapan fitur yang diinginkan konsumen. 

Kelebihan :

-Penghitungan payroll yang memungkinkan kesesuaian dengan regulasi perusahaan serta dukungan terhadap penghitungan PPh dan BPJS.

-Penarikan slip gaji elektronik dan fitur bank transfer

-Sistem terintegrasi dengan presensi

-Kemudahan dalam klaim reimbursement dan pengajuan cuti

-Dapat menampilkan laporan sesuai kebutuhan pengguna

7. Payroll Bozz

Aplikasi Payroll Bozz merupakan aplikasi pengelolaan HR dan payroll yang dilengkapi dengan HRIS cloud-based sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Data terkait karyawan yang disetorkan kepada sistem Payroll Bozz semua ditampilkan dengan grafik yang informatif dan menarik. Harga produk yang ditawarkan oleh aplikasi ini dimulai dari Rp15.000 per karyawan dalam sebulan dan terdapat free trial 7 hari yang dapat kamu manfaatkan untuk mencoba produk ini secara gratis dan mudah.

Kelebihan :

-Integrasi sistem dengan pencatatan presensi online
-Penghitungan penggajian yang akurat sesuai dengan data serta penghitungan berbagai instrumen seperti BPJS, THR, PPh21
-Penghematan biaya operasional dengan sistem yang terkomputasi
-Klaim reimbursement dan request perjalanan dinas lebih cepat

8. Catapa

Aplikasi CATAPA merupakan salah satu layanan payroll yang menawarkan solusi manajemen penggajian yang mudah dan terintegrasi untuk pemilik usaha, staff HR, dan karyawan dengan harga terjangkau. Dilengkapi dengan sistem penggajian dengan basis Artificial Intelligence (AI). CATAPA memberikan klaim bahwa dengan sistemnya pengelolaan payroll perusahaan dapat menjadi lebih cepat dan efisien 15 kali. menawarkan. Harga yang CATAPA tawarkan untuk konsumennya dimulai dari RP5.900 per karyawan dalam satu bulan.

Kelebihan :

-Mempunyai sistem one-click payroll yang dapat menyesuaikan dengan penghitungan pajak PPh, BPJS, BPJSTK, bonus , THR, dan regulasi perusahaan lainnya
-Menawarkan kemudahan dalam konfigurasi data
-Pengajuan klaim lembur dan cuti yang mudah
-Integrasi layanan presensi dengan sistem penggajian
-Kemudahan dalam pelaporan sesuai kebutuhan perusahaan

9. Gaji.id

Aplikasi Gaji.id merupakan salah satu aplikasi penghitungan gaji yang bisa Anda pilih untuk mempermudah pekerjaan penghitungan payroll secara cepat dan akurat. Harga yang ditawarkan dari beragam fitur Gaji.id adalah mulai Rp500.000 tiap bulannya.

Kelebihan : 

-Layanan penghitungan payroll berbasis cloud yang mendukung penghitungan BPJS, tunjangan, Pajak PPh dan lain sebagainya.

-Kemudahan dalam klaim dan pengajuan cuti, izin sakit, dan lain sebagainya

-Kemudahan dalam mengunduh slip gaji dan laporan

-Fleksibel dan tidak ada limitasi jumlah komponen gaji

-Dapat dilakukan kustomisasi report

-Dukungan layanan konsumen yang responsif

10. App Sensi

Aplikasi AppSensi merupakan aplikasi payroll yang memberikan kemudahan dalam sistem penggajian karyawan. Perhitungan gaji beserta komponennya menjadi lebih mudah dan mengikuti aturan yang berlaku. Data yang diterima oleh sistem AppSensi akan dilakukan enkripsi dahulu sehingga kerahasiaan data penggajian karyawan terjamin aman dan lebih terstruktur. Harga yang ditawarkan oleh aplikasi ini dimulai dari Rp12.500 per karyawan dalam periode satu bulan. 

Kelebihan : 

-Dapat menghitung gaji dan komponennya secara otomatis

-Database dilindungi sistem pengamanan berlapis 

-Basis penyimpanan data adalah dengan sistem cloud sehingga dapat diakses kapan dan di mana saja

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda