Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Mulai Nggak Betah Di Tempat Kerja

Tantangan setelah masuk dunia kerja memang tak pernah ada habisnya. Setelah mendapatkan kesempatan kerja, tidak sedikit pekerja yang merasakan jenuh atau bahkan tidak betah bekerja di kantor dengan berbagai macam alasan. 

Pernahkah kamu merasakan bagaimana malasnya bangun pagi untuk berangkat kerja dan menyelesaikan setumpuk deadline tugas di kantor. Jika kamu sempat merasakannya, bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa kamu mulai tidak betah di tempat kerja.

Padahal, seorang pekerja sudah seharusnya bisa adaptif dan fleksibel dalam situasi apapun. Nyatanya, banyak pekerja yang merasakan kebosanan ini yang justru akan berimbas pada produktivitas pekerja yang menurun.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan jika ternyata kamu tidak betah di kantor tempat kerjamu sekarang? Berikut 5 hal di bawah ini yang bisa kamu lakukan agar bisa bertahan di tempat kerjamu!

Baca Juga Hati-Hati! 5 Kesalahan Ini Perlu Kamu Hindari Saat Bekerja

1. Niatkan Bekerja Sebagai Kesempatan Untuk Berkembang

Setiap sesuatu yang kita lewati pasti memiliki maksud dan tujuan. Sama halnya dengan bekerja. Meski di tengah jalan kamu merasakan jenuh saat bekerja, bukan berarti resign adalah jawabannya. Pekerjaan yang sedang kamu jalani saat ini tentu memberikanmu segudang ilmu dan pengalaman.

Anggaplah bahwa pekerjaan yang kamu jalani adalah momentum yang tepat bagi kamu untuk menjadi individu yang bisa berkembang. Cobalah untuk bekerja dari hati dan yakini bahwa kamu akan mendapatkan sesuatu yang berharga dalam karirmu Ketika kamu bisa menjalaninya dengan ikhlas.

2. Ciptakan Suasana Nyaman di Ruang Kerja

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menata dan merapikan meja kerja yang digunakan sehari-hari untuk bekerja. Selain bisa mengubah suasana baru, melihat dokumen yang tersusun rapi di meja kerja juga dapat menciptakan suasana nyaman saat bekerja. 

Kamu juga bisa menyimpan beberapa cemilan ringan kesukaanmu di laci meja untuk mengurangi rasa lapar saat mengerjakan tugas. Dengan begitu, momentum bekerja tidak lagi jadi hal yang membosankan. Justru bekerja jadi hal yang menyenangkan.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja 

Rekan kerja dan atasan seringkali jadi alasan seseorang tidak betah di tempat kerja. Entah karena hubungan yang dijalin dengan rekan kerja yang kurang baik atau bahkan pressure yang terlalu tinggi dari atasan. 

Namun, jika kamu bisa beradaptasi di kantor justru rekan kerjalah yang menjadi alasan cukup kuat untuk bertahan lebih lama di tempat kerja. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan untuk menumbuhkan kenyamanan di kantor.

Salah satu caranya yakni dengan mencoba berbaur dengan rekan kerja yang dirasa sefrekuensi denganmu. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memilh circle pertemanan yang positif. Sebab, selain bisa memotivasi urusan pekerjaan, rekan kerja yang baik juga akan untuk membantumu keluar dari rasa bosan dan jenuh di kantor.

4. Asah Skill dan Belajar Sebanyak Mungkin

Yang tidak kalah penting agar kamu bisa bertahan lama di lingkungan kerja adalah dengan tetap berfokus pada apa yang sedang kamu hadapi. Buang jauh-jauh pikiran negatif dan gunakan waktumu untuk terus mengasah skill dan belajar sebanyak mungkin di tempat kerjamu saat ini. 

Tingkatkan rasa ingin tahumu di tempat kerja agar bisa lebih banyak menimba ilmu dan memperdalam skill yang kamu tekuni. Jangan sungkan untuk bertanya atau meminta saran pada atasan atau rekan kerjamu terkait kinerja dan hal-hal yang belum kamu pahami dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga 5 Rekomendasi Software Rekrutmen Yang Bisa Diterapkan di Perusahaan Anda

5. Berpikir Positif dan Bersyukur

Umumnya, setiap pekerja tentunya mendapatkan pressure dari atasan di tempat kerja. Terkadang, hal inilah yang membuat seorang karyawan kerap terburu-buru memutuskan untuk resign dari kantor. Untuk mengatasi hal ini, perlu bagi kamu untuk membiasakan berpikir positif.

Anggaplah pressure di tempat kerja sebagai caramu untuk melatih mental dan acuan untuk terus berkembang setiap harinya. Jangan lupa untuk senantiasa mengucapkan rasa syukur atas pekerjaan yang kamu miliki sekarang. 

Berikut di atas merupakan lima tips agar kamu bisa survive ketika merasa sudah tidak betah lagi di lingkungan kerjamu saat ini. Semoga tips diatas dapat membantumu keluar dari rasa bosan dan jenuh di kantor. 

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda