5 Rekomendasi Software Rekrutmen Yang Bisa Diterapkan di Perusahaan Anda

<a href="<a href="https://www.freepik.com/free-photo/handshake-close-up-executives_858556.htm#query=recruitment&position=13&from_view=search&track=sph">Image by pressfoto

Sumber daya manusia adalah aset terpenting bagi setiap perusahaan. Rekrutmen yang baik dan efisien dapat membantu perusahaan menemukan kandidat yang tepat dan memenuhi kebutuhan perusahaan. Pasalnya, memiliki SDM yang berkualitas dapat membuat perusahaan selangkah lebih mudah dalam mencapai kesuksesan.

Divisi human resources (HR) memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam merekrut calon karyawan kompeten yang dibutuhkan perusahaan. Sayangnya dalam praktiknya, seringkali HR mengalami kendala karena tersitanya banyak waktu jika mengaplikasikan proses rekrutmen secara manual. 

Di era teknologi yang semakin maju, banyak bermunculan software rekrutmen yang dimanfaatkan untuk membantu proses rekrutmen menjadi lebih efisien dan mudah. Berikut ini adalah 5 rekomendasi software rekrutmen karyawan di Indonesia yang bisa Anda terapkan di perusahaan maupun bisnis Anda, diantaranya :

1. Waktoo

Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan digital media menghadirkan software rekrutmen terlengkap yaitu Waktoo. Platform dan aplikasi ini memudahkan pelanggannya dalam mengoptimalkan proses rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia (HRM). 

Waktoo memungkinkan HR dapat mengotomatiskan seluruh proses rekrutmen mulai dari memposting lowongan kerja, mencari kandidat hingga mengelola SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan platform Waktoo, proses rekrutmen menjadi lebih sederhana dan tidak memakan waktu yang lama.

Terdapat pula fitur istimewa dalam platform ini yakni historikal pelamar, dimana fitur ini akan memberikan Anda kemampuan untuk melihat apakah pelamar pernah gagal dalam proses rekrutmen sebelumnya. Jika perusahaan Anda ingin mengefisiensikan pekerjaan HR, platform Waktoo bisa jadi salah satu solusinya.

Ucapkan selamat tinggal pada pada proses rekrutmen manual yang membosankan. Segera beralih ke Waktoo dan mulailah merekrut karyawan terbaik di perusahaan Anda! Dapatkan akses free trial untuk rasakan kemudahan dengan aplikasi Waktoo atau klik link ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Waktoo.

2. KaryaONE

KaryaONE merupakan salah satu software manajemen HR atau SDM yang membantu menyederhanakan proses administrasi HRD seperti absensi, cuti, lembur, payroll, pajak, BPJS, pengelolaan kinerja, jenjang karier, suksesi, dan pengembangan SDM. 

Salah satu fitur unggulan software KaryaOne ialah kemampuan integrasi (plug and play) dengan perangkat presensi berbasis Fingerprint Scanner dan RFID. Selain itu, dasbor yang disajikan didesain agar tim HR di perusahaan dapat melakukan analisis kinerja SDM secara komprehensif – termasuk melayani berbagai pengajuan, seperti cuti dll.

Selain berbasis website, KaryaOne juga menyediakan aplikasi mobile di platform Android dan iOS. Memungkinkan pengguna mendapatkan fleksibilitas akses di mana saja dan kapan saja.

3. LinoHVR

LinoHVR adalah sebuah software atau platform yang digunakan untuk mengelola proses rekrutmen dan sumber daya manusia. Platform ini membantu perusahaan untuk melakukan proses recruitment dengan efisien dan mudah, melalui fitur-fitur seperti pencarian kandidat, pemantauan dan administrasi kandidat, pengelolaan karier, hingga pengelolaan gaji.

LinoHVR memiliki integrasi dengan beberapa aplikasi populer seperti Slack, Trello, dan Google Drive. LinovHR juga memiliki Modul Recruitment dan Talent Acquisition yang dapat membantu tim manajemen melakukan request rekrutmen, manpower planning, mengumumkan lowongan dan talent management.

Dengan menggunakan LinoHVR, perusahaan dapat mempermudah dan mempercepat proses rekrutmen, serta membantu menemukan kandidat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4. Gadjian

Gadjian adalah sebuah platform rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia (Human Resource Management) yang memberikan solusi untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan SDM mereka. Platform ini menyediakan fitur-fitur seperti posting lowongan kerja, pemantauan kandidat, dan pengelolaan aplikasi. Gadjian juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis dan pemantauan efisiensi proses rekrutmen.

Perusahaan dapat memanfaatkan platform Gadjian untuk mempercepat dan mempermudah proses rekrutmen, membantu mereka menemukan kandidat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

5. gtHR

gtHR adalah software HR yang dirancang untuk Sistem Informasi Kepegawaian  yang berfungsi membantu menyederhanakan alur kerja kegiatan perusahaan dalam manajemen sumber daya manusia. Door Access Attendence System Software HRIS membantu memudahkan pengelolaan data induk karyawan, data induk calon karyawan / pelamar, data induk keluarga karyawan, dan proses import dari luar melalui file excel.

Dengan software HRD terbaik dari Gamatechno, proses rekrutmen online karyawan jadi lebih mudah dengan analisis data pelamar melalui riwayat kerja pelamar dan kompetensi yang dimiliki. Software ini juga nantinya memudahkan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan payroll gaji dan penghitungan PPh hingga pencatatan proses mutasi. 

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda