Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Sebelum Wawancara

Setelah melalui tahap screening CV dan dinyatakan lolos, biasanya kandidat pelamar diminta HRD atau personalia untuk datang ke kantor dan menjalani sesi wawancara. 

Tahapan ini menjadi tahapan krusial yang bisa menentukan apakah kamu diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Pasalnya, di tahap wawancara inilah, kandidat akan dihadapkan langsung dengan berbagai pertanyaan yang diajukan HRD.

Tak jarang beberapa kandidat mengalami kegagalan saat wawancara. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya persiapan yang dilakukan sebelum interview. Untuk itulah, diperlukan persiapan matang sebelumnya dengan mengetahui dan menguasai hal-hal berikut : 

1. Memahami Profil dan Budaya Perusahaan

Profil perusahaan adalah poin utama yang perlu kamu kuasai sebelum wawancara. Jika kamu menggunakan metode yang tepat saat mengirimkan lamaran, setidaknya kamu mengetahui bergerak di bidang apakah perusahaan yang kamu lamar. 

Namun, jika belum mengetahui lebih jauh, ada baiknya kamu perlu mengumpulkan informasi terkait perusahaan seperti latar belakang atau sejarah perusahaan, visi misi perusahaan, produk dan jasa, serta berta terbaru terkait perkembangan perusahaan.

Baca Juga 6 Poin Penting Yang Harus Ada dalam CV Saat Melamar Kerja

Informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui situs resmi perusahaan dan media sosial yang perusahaan gunakan. Selain itu, hal lain yang harus kamu ketahui adalah informasi terkait lokasi perusahaan. Dengan mengetahui lokasi perusahaan, dapat memberikan gambaran sebelum wawancara seberapa jauh jarak antara rumah dengan kantor.

2. Mempelajari Posisi dan Jobdesk Yang Dilamar

Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan sebelum wawancara adalah mempelajari posisi serta deskripsi pekerjaan (jobdesk) yang kamu lamar. Saat membagikan informasi lowongan kerja melalui website atau media sosial, umumnya perusahaan menyebutkan posisi apa yang sedang dibutuhkan beserta tugas dari posisi tersebut.  

Selain bisa menjadi gambaran apa saja tanggung jawab posisi tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk menjadi bekal saat wawancara. Seringkali HRD akan bertanya mengenai posisi dan jobdesk yang kamu lamar. 

Mereka ingin mengetahui seberapa jauh kamu mengenal posisi yang kamu lmar di perusahaan tersebut serta memastikan apakah skills dan kompetensi yang kamu miliki cocok dengan kriteria kandidat yang mereka cari.

3. Mempersiapkan CV dan Dokumen Pelengkap yang Perlu Dibawa

Beberapa hari sebelum wawancara akan dilakukan, pastikan kamu sudah menyiapkan segala dokumen yang perlu dibawa saat wawancara nanti. Beberapa dokumen yang perlu dibawa seperti CV, surat lamaran, fotokopi ijazah, transkrip nilai, portofolio, foto dan lainnya sesuai dengan instruksi yang HRD informasikan sebelumnya via email maupun telepon.

Ada pula beberapa HRD yang meminta kamu untuk membawa alat tulis untuk mengisi formulir atau daftar hadir sebelum wawancara berlangsung. Kelengkapan dokumen yang dibawa saat wawancara juga menjadi salah satu poin plus yang bisa kamu dapatkan untuk lulus dalam tes wawancara. Jadi, ada baiknya jika berkas lamaran kerja dapat kamu lengkapi jauh-jauh hari sebelum hari wawancara tiba.

4. Gunakan Pakaian yang Sesuai & Latih Body Language

Sesi wawancara jadi sesi yang paling tepat bagi kandidat untuk mendapatkan first impression yang baik dari HRD. Kamu harus membuat sebuah kesan pertama yang semenarik mungkin melalui busana yang kamu kenakan. 

Baca Juga 4 Tips Ini Akan Membantumu Memasuki Dunia Kerja

Sebelum memutuskan menggunakan jenis model pakaian, pastikan kamu telah melakukan riset mengenai profil dan budaya perusahaan. Cari tahu apakah perusahaan tersebut menetapkan pakaian formal atau semi formal pada karyawannya.

Kamu bisa menggunakan kemeja dengan warna netral dipadukan dengan rok maupun celana bahan warna gelap. Kenakan jas atau blazer yang senada jika diperlukan. Jangan lupa gunakan sepatu formal seperti pantofel atau flat shoes dan hindarilah memakai aksesoris yang berlebihan.

Jika kamu sudah memilih pakaian yang dirasa cocok dengan industri yang kamu lamar, tahap selanjutnya adalah melatih bahasa tubuh (body language). Caranya dengan duduk atau berdiri tegak dengan bahu ke belakang. Ulurkan tanganmu untuk berjabat tangan dengan HRD sebelum dan sesudah wawancara. Jangan lupa praktikan eye contact saat menjawab pertanyaan untuk menampilkan bahwa kamu seseorang yang percaya diri.

5. Datang Tepat Waktu

Poin terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan saat hari H wawancara adalah datang ke kantor tepat waktu. Jika sebelumnya kamu telah mencari tahu lokasi perusahaan, maka setidaknya kamu bisa memperkirakan seberapa jauh jarak dan waktu yang ditempuh untuk menuju ke lokasi. 

Jangan lupa untuk mengecek kembali informasi dari HRD mengenai waktu wawancara yang akan dilakukan. Kamu bisa datang lebih awal minimal 1 jam atau 30 menit sebelum interview kerja dimulai. Dengan datang lebih cepat, kamu bisa mempergunakan waktu yang tersedia untuk melakukan persiapan terakhir sebelum wawancara benar-benar dimulai.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum wawancara. Semoga bermanfaat dan sesi wawancaramu berjalan lancar ya!

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda