4 Tips Ini Akan Membantumu Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja adalah bukanlah hal yang mudah, khususnya bagi fresh graduate. Bagi mereka, dunia kerja adalah lingkungan baru yang sangat berbeda dengan sekolah dan kampus. Dimana ketika sudah memasuki dunia kerja, artinya kita juga harus siap untuk berkontribusi dengan banyak orang profesional di dalamnya.

Agar sukses untuk berkecimpung di dalamnya, fresh graduate perlu melakukan persiapan yang matang. Pasalnya, bila tidak ada rencana apapun bisa jadi masuk ke dunia kerja menjadi hal yang sangat menakutkan untuk dihadapi.

Lalu, apa saja bekal yang perlu disiapkan sebelum meniti karir? Berikut 4 tips ini akan membantumu sukses mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja.

1. Cari dan Riset Bidang Pekerjaan

Pertama, hal yang harus kamu lakukan adalah mengenali dirimu terlebih dahulu. Mengenali diri disini artinya kamu perlu tahu apa hal-hal yang kamu inginkan dan sukai dalam hidup. Dengan memahami apa yang diinginkan tentunya akan membantumu dalam memasuki dunia kerja. 

Sebagai contoh, kamu sangat tertarik dengan dunia desain, maka ada baiknya kamu memulai meniti karir yang berkaitan dengan desain, seperti design graphic, ilustrator maupun layouter. Dengan menyesuaikan dengan bakat, nantinya kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga lebih mudah dalam mencintai pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Setelah mengetahui bidang yang kamu sukai, tahap selanjutnya adalah melakukan riset seputar peluang dan tantangan pekerjaan di bidang tersebut. Kamu juga bisa mulai meriset perusahaan-perusahaan yang membutuhkan posisi lowongan yang kamu incar beserta budaya kerja didalamnya.

Baca Juga 7 Hal Yang Bikin Resume Kamu Dilirik Rekruter

2. Asah Kemampuan dengan Ikut Pelatihan

Selain mengetahui bidang apa yang kamu suka, penting pula bagi kamu untuk mengenali kemampuan yang dapat menunjang posisi pekerjaan dalam bidang tersebut. Salah satu cara untuk mengenali dan mengasah skill yang kamu miliki adalah dengan mengikuti pelatihan atau training.

Saat ini, banyak yang menyelenggarakan kegiatan training berbasis boothcamp di berbagai bidang keahlian. Bootcamp adalah program pelatihan intensif yang dirancang khusus untuk para calon profesional sesuai bidang tertentu. Tidak hanya berguna bagi para fresh graduate yang baru akan bersaing di dunia kerja saja, kegiatan pelatihan juga bermanfaat bagi mereka yang ingin switch karir. 

Selain mengasah kemampuan dan skill, mengikuti pelatihan juga bisa menambah networking. Dengan memiliki networking lebih luas, maka akan terbuka lebar juga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian.

3. Upgrade Diri (Flexibility)

Untuk memasuki dunia kerja, persiapan yang dilakukan tak hanya soal persiapan teknis saja, melainkan perlu bagi kamu untuk melakukan upgrade diriUpgrade diri adalah sebuah usaha untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri kita di kehidupan sehari-hari. 

Salah satu caranya adalah dengan membentuk diri kamu sebagai pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi. Pasalnya, perusahaan perusahaan sangat menyukai para calon karyawan yang memiliki fleksibilitas tinggi. Oleh karenanya, fleksibel menjadi salah satu skill yang harus kamu miliki sebelum memasuki dunia kerja.

Dengan fleksibilitas tinggi, kamu akan siap beradaptasi di lingkungan kantor dan rekan kerja yang baru. Tidak hanya itu, kamu juga mampu mengatasi stres dan menyesuaikan diri dengan perubahan dengan cepat.

4. Bangun Personal Branding di Media Sosial

Tips terakhir yang tidak boleh dilewatkan bagi para fresh graduate yang mulai mencari kerja adalah membangun personal branding di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial yang kamu punya untuk membangun personal branding dan persona yang positif. Contoh media sosial yang bisa kamu gunakan adalah LinkedIn. 

Baca Juga 7 Skill Yang Bisa Bikin Kamu Dapat Income Tinggi di 2023!

Mulailah aktif untuk membangun jaringan dan koneksi dengan berkomunikasi dan terhubung dengan para profesional untuk memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan kelebihan dan meminta rekomendasi dari orang-orang yang pernah bekerja sama denganmu dalam LinkedIn.

Beberapa tips diatas semoga bisa bermanfaat dan dapat menjadi bekal dan persiapan kamu sebelum memasuki dunia kerja. Dari keempat tips diatas, manakah persiapan yang sudah kamu lakukan?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda