7 Skill Yang Bisa Bikin Kamu Dapat Income Tinggi di 2023!

Mendapatkan pekerjaan yang settle dengan gaji yang tinggi menjadi impian bagi setiap karyawan. Sayangnya, untuk mencapai tujuan tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Cara terbaik untuk mendorong karir dan pendapatan Anda salah satunya adalah dengan mempelajari skill atau keterampilan terbaru yang masih banyak dicari oleh berbagai perusahaan maupun klien.

Dengan mengasah skill-skill yang dicari, maka Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan penawaran kerja dengan gaji yang lebih tinggi.

Berikut merupakan 7 skill yang bisa bikin kamu dapat income tinggi di tahun 2023, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Data Analyst

Bagi kamu yang tertarik dengan data, kemungkinan kamu akan cocok jika mendalami keahlian dan profesi ini. Data analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis dan riset data dengan menggunakan tools tertentu.

Sekarang ini, posisi data analyst sangatlah dibutuhkan. Pasalnya, peningkatan jumlah data membuat perusahaan membutuhkan sumber daya yang memiliki skill literasi sekaligus analisis data.

Baca Juga 7 Metode Penilaian Kinerja Karyawan Yang Bisa Anda Gunakan

Jika kamu tertarik untuk mendalami profesi ini pastikan kamu memiliki skill dasar seperti Microsoft Excel, bahasa pemrograman, machine learning dan statistika. Butuh ketelitian tingkat tinggi untuk bisa menjadi seorang data analyst yang sukses. Ini jadi alasan mengapa perusahaan juga tak main-main memberikan gaji yang fantastis pada posisi ini.

  1. Software Development

Skill selanjutnya yang memiliki opportunity dengan income tinggi bagi yang menguasainya adalah skill software development. Software development merupakan serangkaian proses pengembangan produk untuk mencapai nilai guna.

Software development terdiri dari berbagai tahapan yang meliputi perencanaan, desain, pembangunan, pengujian dan penyebaran. Skill ini sebagian besar dijalankan oleh programmer, software engineer dan software developer. Seorang dengan skill software development dapat memperoleh gaji dengan rentang Rp 5-13 juta per bulannya.

  1. User Experience

Prospek bagi mereka yang terjun dalam bidang user experience digadang-gadang memiliki masa depan yang cerah. Pasalnya seiring berkembangnya dunia digital, profesi ini semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

UX Researcher atau User Experience Researcher adalah posisi pekerjaan yang berfokus pada riset target pasar dan mengetahui keinginan mereka untuk memberikan insight yang realistis.

Biasanya, profesi ini diperlukan bagi perusahaan yang cenderung bergantung pada teknologi seperti website hingga aplikasi mobile. Skill ini bisa jadi pilihan kamu bagi yang memulai karir karena perusahaan mematok gaji yang cukup tinggi untuk membayar posisi ini yakni minimal di angka 5 juta.

  1. Project Management

Tidak sedikit perusahaan yang sedang menjalankan proyek membutuhkan seseorang yang terampil dalam melakukan perencanaan, mengoordinasikan sumber daya hingga mengalokasikan anggaran. Skill ini biasa disebut dengan project management.

Project Manager adalah seseorang yang menjadi pemimpin tertinggi dan ujung tombak dari sebuah proyek. Mengingat seorang project manager menjadi penentu suksesnya suatu proyek, perusahaan perlu selektif dalam mencari posisi ini.

Skill yang diperlukan untuk menempati posisi ini diantaranya communication skill, negosiasi, leadership, time management, risk management dan masih banyak lagi.

Beban kerja yang cukup tinggi tentu akan dirasakan seorang project manager, tapi jangan khawatir karena perusahaan juga akan memberikan gaji yang sepadan dengan tenaga dan pikiran yang dikorbankan.

  1. Digital Marketing

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, memungkinkan setiap perusahaan untuk melakukan pemasaran secara online. Itu sebabnya peran digital marketing dalam sebuah perusahaan sangatlah krusial.

Keberadaan seorang digital marketing akan membantu perusahaan atau klien untuk menggaet pelanggan dan meningkatkan penjualan secara online. Profesi dengan skill ini digaji berkisar 5 hingga 8 juta.

Jadi, pastikan Anda menguasai skill ini dengan berbagai seluk beluknya. Pasalnya, seorang digital marketing juga perlu mengasah kemampuan pendukung seperti online advertising, social media marketing, content marketing, dan email marketing.

Baca Juga 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan Terbaik Tahun 2023

  1. Sales

Penjualan jadi faktor yang menentukan keberlanjutan suatu bisnis maupun perusahaan. Jadi tak heran jika posisi sales sangat penting dalam meningkatkan penjualan dan kualitas layanan perusahaan.

Untuk menjadi seorang sales, kamu perlu menguasai skill komunikasi, negosiasi dan teknik closing produk. Jika kamu memiliki skill tersebut, kemungkinan kamu bisa terjun dalam bidan ini.

Careersidekck mengungkapkan bahwa sales merupakan salah satu bidang pekerjaan yang memiliki bayaran yang cukup tinggi. Belum lagi, bonus dari perusahaan jika sales dapat mencapai target. Alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mendalami skill ini.

  1. SEO

SEO alias Search Engine Optimization jadi salah satu skill yang bisa dibilang banyak dicari oleh perusahaan baru-baru ini.

Seorang SEO Profesional mempelajari praktik terbaik untuk membantu situs web perusahaan muncul dalam ranking teratas untuk istilah tertentu pencarian online di Google. Dengan taktik SEO, perusahaan dapat dengan efektif menaikkan jumlah kunjungan website dan menarik perhatian pembaca.

Berpengaruhnya posisi ini, membuat beberapa perusahaan tidak segan untuk memberikan gaji yang lebih bagi mereka yang memiliki skill ini.

Dari beberapa skill dengan penawaran gaji yang fantastis yang dijelaskan diatas, manakah yang kira-kira ingin kamu kuasai?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda