Kiat Efektif Selesaikan Tugas Tanpa Kelewat Deadline

Menjalani hari-hari dengan nyaman dan tanpa beban adalah  impian setiap orang. Namun, terkadang tugas-tugas yang menumpuk menjadi alasan seseorang merasa terbebani. Deadline merupakan sebuah kata yang pastinya tidak terdengar asing lagi di kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan para pekerja. Arti dari kata deadline sendiri adalah tenggat waktu atau batas waktu. 

Untuk bisa menjalani hari yang nyaman dan tenang, maka kamu perlu untuk terbebas dari yang namanya tugas. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menyelesaikan tugas jauh sebelum deadline atau batas tenggat pengumpulan suatu tugas yang telah ditentukan. 

Lantas, bagaimanakah kiat efektif yang bisa dilakukan demi bisa menyelesaikan tugas tanpa khawatir dengan deadline? Berikut beberapa kita-kiat efektif yang bisa kamu ikuti untuk menyelesaikan tugas tanpa terlewat deadline.

1. Menerapkan Manajemen Waktu

Bisa mengatur waktu dengan baik merupakan sebuah kelebihan. Orang yang biasa mengatur waktu adalah orang yang selalu menerapkan manajemen waktu. Seseorang yang menerapkan manajemen waktu berarti orang itu bisa menghargai waktu. 

Dengan menghargai waktu, maka ia tidak akan menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna dan lebih memilih untuk menggunakan waktunya untuk mengerjakan sesuatu yang berguna, misalnya untuk mengerjakan tugas supaya tidak terlewat deadline

Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa hal sesuai dengan perencanaan awal tanpa ditunda-tunda yang dapat menyebabkan terlewat dari deadline

Baca Juga 4 Cara Manajemen Waktu Yang Efektif Dalam Bekerja

2. Membagi Tugas Sesuai Prioritas

Untuk menyelesaikan tugas tanpa terlewat deadline, yang kamu harus lakukan adalah membagi tugas sesuai skala prioritas. Kelompokkan tugas dalam empat kategori yakni tugas penting mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak dan tidak penting dan tidak mendesak. 

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui tugas mana saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Membagi tugas sesuai prioritas tentu dapat membantu kamu menyelesaikan tugas tanpa kelewat deadline. 

3. Buat Diri Rileks

Mengerjakan tugas sebelum jauh-jauh hari yang telah ditentukan deadline akan membuat kamu menjadi lebih merasa tenang. Selain karena batas waktu pengerjaan yang masih lama, itu juga bisa membuat kamu menjadi lebih mendapatkan banyak inspirasi pada saat, mengerjakan tugas. 

Saat mengerjakan sebuah tugas, usahakan untuk selalu tenang dan rileks, buat tempat dan suasana saat pengerjaan tugas senyaman mungkin agar kamu bisa menjaga fokusmu dan tidak mudah untuk terdistraksi oleh hal-hal yang bisa menganggumu. Kamu pun perlu untuk memiliki mindset bahwa deadline tidak semengerikan yang dibayangkan.

4. Hindari Sistem Kebut Semalam

Tugas perlu dikerjakan pada saat jauh sebelum batas yang telah ditentukan. Selain membuat kamu menjadi lebih tenang, kamu akan mendapatkan hasil kinerja dirimu yang lebih baik dibandingkan jika kamu mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam yang bisa membuat kinerja kamu menjadi menurun. 

Baca Juga 5 Tips Ini Bantu Kamu Bekerja Lebih Produktif

Sistem kebut semalam ini memiliki kekurangan karena pada saat kamu menyelesaikan dengan sistem kebut semalam, otak kamu akan dipaksa untuk terus bekerja meskipun kamu sudah mengantuk. Selain itu, hal itu juga menyebabkan kekurangan waktu tidur.

5. Merencanakan Self Reward 

Ada baiknya ketika kamu juga merencanakan sebuah self reward yakni apa yang akan dilakukan ketika kamu sudah berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan. Self reward dapat kamu lakukan dengan membeli barang atau makanan yang kamu sukai atau merencanakan sebuah perjalanan untuk melupakan sejenak beban-beban pikiranmu. Jadikan capaian self reward sebagai penyemangatmu dalam mengerjakan tugas. 

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu ikuti untuk dapat menyelesaikan tugas-tugasmu tanpa kelewat deadline. Jika dilakukan dengan cara yang benar dan tepat tentu akan memudahkan kamu dalam mencapai target.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda