5 Tips Ini Bantu Kamu Bekerja Lebih Produktif

Setiap karyawan pada dasarnya dituntut untuk bekerja secara produktif, tidak peduli sebanyak apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang diemban. Bekerja produktif tak hanya membantu kamu memanfaatkan waktu seefektif mungkin, tetapi juga dapat memudahkan kamu untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Sayangnya, bekerja produktif tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak dari karyawan yang masih merasa kesulitan untuk meningkatkan produktivitas kerja terutama saat merasa jenuh bekerja. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa bekerja lebih produktif sebagai berikut.

1. Buatlah To Do List

Hal utama yang harus kamu lakukan agar bisa bekerja secara produktif adalah dengan membuat daftar to do list tugas-tugas yang perlu diselesaikan. Kamu bisa gunakan alat bantu (tools) yang memudahkan kamu mencatat tugas dan pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan. Salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah Trello. 

Software ini memudahkan kamu untuk membuat daftar pekerjaan dengan mengelompokannya menjadi 3 kategori yakni dari to do (akan dikerjakan), doing (sedang dikerjakan) dan done (sudah selesai dikerjakan). Dengan begitu, memudahkan kamu untuk menyortir pekerjaan yang harus diselesaikan.

Cara lain untuk melakukan reminder adalah dengan menulis tugas pada sticky notes dan menempelkannya di dekat meja kerjamu. Langkah ini dijamin membuatmu ingat apa saja pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya. 

Baca Juga Tips Membangun Positive Vibes di Tempat Kerja

2. Kelompokkan Pekerjaan Sesuai Skala Prioritas

Selain membuat daftar to do list, mengelompokkan tugas sesuai skala prioritas juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Caranya yakni dengan membagi tugas ke dalam empat kategori diantaranya tugas penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak dan tidak penting dan tidak mendesak.

Dengan mengelompokkan tugas sesuai skala prioritas, tentunya memudahkan kamu untuk menyeleksi mana saja pekerjaan yang seharusnya diselesaikan segera dan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu lama.

3. Tetapkan Target Pada Tiap Tugas

Memasang target pada setiap tugas memacu kamu untuk bisa menyelesaikannya secara cepat dan tepat. Terlebih jika to do list pekerjaan kamu semakin banyak dari hari ke hari. Oleh karenanya, mencatat tugas saja tidak cukup membuat kamu bisa bekerja produktif, sehingga perlu untuk menetapkan target yang jelas pada setap tugas.

Buatlah sebuah target yang dicapai pada setiap tugas yang akan kamu selesaikan. Misalnya, tugas membuat laporan dari atasan harus selesai hari ini juga, maka setting target deadline paling akhir jam 4 sore di hari yang sama atau sebelum pulang dari kantor. 

Contoh lainnya, kamu ditugaskan untuk membuat laporan pencapaian bulanan yang akan dipresentasikan minggu depan. Maka, kamu bisa menetapkan target laporan tersebut selesai hari Minggu jam 8 malam. Untuk memudahkan setting target, kamu bisa gunakan aplikasi Google Calendar yang bisa membantu kamu mencatat tugas, deadline beserta reminder yang otomatis muncul di handphone atau laptop kamu.

4. Gunakan Waktu Istirahat Semaksimal Mungkin

Bekerja produktif bukan berarti menghabiskan waktu seluruhnya untuk bekerja seharian. Justru bekerja produktif artinya adalah bekerja cerdas dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk beristirahat semaksimal mungkin.

Padatnya tugas yang harus kamu selesaikan, seringkali membuatmu merasakan kelelahan. Biasanya ditandai dengan menurunnya konsentrasi hingga lambatnya pengambilan keputusan. Oleh karena itu, saat jam istirahat di kantor tiba, gunakanlah sebaik mungkin waktu luang yang berharga untuk sekedar makan, membaca buku, berman game, bahkan tidur singkat. Istirahat penting untuk dilakukan karena bisa menyegarkan pikiran sebelum kembali bekerja.

5. Evaluasi Kegiatan Secara Berkala

Membiasakan bekerja secara lebih produktif tentu tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus rutin melakukan evaluasi pada setiap percobaan kegiatan yang telah kamu lakukan secara berkala. Mulailah dengan menilai apakah kegiatan yang kamu lakukan seminggu yang lalu sudah membuat aktivitas bekerjamu menjadi lebih produktif.

Baca Juga Cara Menentukan Skala Prioritas Dalam Bekerja

Misalnya, kamu sudah mencatat tugas-tugas yang kamu selesaikan tetapi kamu lupa untuk menetapkan target pada setiap tugas. Alhasil, tugas kamu selesai setelah deadline terlewati. Dengan melakukan evaluasi, maka kamu bisa menyempurnakan hal-hal yang sekiranya bisa membantu kamu bekerja lebih produktif.

Itulah kelima tips yang bisa bantu kamu bekerja lebih produktif di kantor. Meski tidak mudah namun jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda