Tips Membangun Positive Vibes di Tempat Kerja

Positive vibes pasti sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita di zaman sekarang. Tetapi apakah kamu tahu apa arti dari positive vibes itu sendiri? Positive vibes, berasal dari kata positive berarti baik dan vibes yang berarti getaran atau suasana.

Jadi, positive vibes adalah suatu keadaan di mana seseorang memiliki energi positif dalam membangun suasana berupa emosi positif yang ada pada dirinya dan hal itu bisa membuat orang lain juga merasakan energinya. Positive vibes juga bisa disebut dengan good atmosphere atau suasana yang baik.

Sebagai seorang karyawan, semestinya dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan dengan baik dan dengan hasil yang maksimal. Namun tidak hanya itu saja, menciptakan suasana yang baik dengan membangun suasana yang baik juga perlu dilakukan oleh kamu saat sedang berada di tempat kerja. 

Baca Juga 5 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Burnout Saat Bekerja

Menjadi pribadi yang disukai oleh rekan-rekan kerja dengan membangun pribadi yang memiliki positive vibes kini menjadi hal yang istimewa. Hal itu bisa terjadi karena saat seseorang memiliki vibes yang positif, maka good atmosphere yang dibawanya juga bisa dirasakan oleh orang-orang disekitarnya. Misalnya ketika seseorang merasa gembira, maka orang disekitarnya pun bisa merasakan hal itu. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang dapat membangun positive vibes di tempat kerja.

1. Mudah Tersenyum

Menjadi pribadi yang jarang tersenyum biasanya akan menimbulkan pikiran-pikiran negatif dari orang disekitar yang menganggap bahwa diri kita ini tidak ramah dan cenderung tidak mau berbaur dengan yang lain. Oleh karena itu, dengan menjadi orang yang mudah tersenyum, maka rekan-rekan kerja akan merasa bahwa kamu memiliki getaran yang positif dan mereka pun akan mengikuti atmosfer positifnya.

2. Menyapa Rekan-rekan Kerja

Sikap yang ramah ditunjukkan dari pribadi yang senang untuk menyapa rekan-rekan di tempat kerja. Menyapa orang-orang disekitar merupakan hal yang dapat membangkitkan suasana yang baik dalam diri. Apalagi pada saat menyapa orang disekitar, kamu juga menyelipkan kata-kata penyemangat yang bisa membangun rasa semangat rekan kerja kamu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

3. Memiliki Rasa Empati

Peduli dengan sekeliling kamu, yakni tidak pelit untuk berbagi pengalaman dalam bekerja. Pengalaman adalah guru paling berharga dalam hidup dan bisa saja pengalamanmu itu dapat membantu rekan kerja kamu pada saat kesulitan menyelesaikan tugasnya, dan dengan kamu berbagi pengalaman, itu tidak akan membuat kamu rugi. Untuk menyebarkan suasana yang baik yang telah dibangun, maka membaur dengan yang lain itu perlu untuk dilakukan.

Baca Juga Merasa Stres di Tempat Kerja? Lakukan 7 Cara Ini!

4. Berpikir Positif

Selalu menanamkan pikiran positif dalam diri perlu untuk dilakukan oleh setiap karyawan. Apabila hal itu tidak dimiliki, bisa saja akan menimbulkan konflik antar rekan kerja, bahkan konflik dalam diri sendiri. Berpikir positive adalah melakukan beberapa cara untuk fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, misalnya dengan mengontrol emosi dan berpikiran jernih, selain itu juga biasakan diri untuk bersyukur.

Membangun positive vibes tidak hanya begitu saja dilakukan tanpa alasan. Dengan membangun suasana yang baik di tempat kerja bagi diri sendiri dan rekan-rekan kerja juga memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan imun, mengurangi sakit, mengurangi beban pikiran. 

Misalnya, apabila ada rekan kerja kamu yang mungkin memiliki masalah pribadi dan masih terbawa pada saat di tempat kerja, kemudian kamu membangun positive vibes yang ada pada dirimu, maka kemungkinan besar rekan kerjamu juga akan terbawa arus dalam positive vibes tersebut dan membuat kinerjanya menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.

Jadi, dari beberapa tips membangun suasana yang baik di tempat kerja seperti diatas, mana tips yang sudah kamu lakukan?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda