Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Manfaat Face Recognition dalam Absensi Kerja

Face recognition dalam absensi kerja bisa menjadi salah satu solusi dari banyaknya permasalahan saat melakukan absensi. Tidak jarang, banyak karyawan yang mengeluhkan ketidaksesuaian rekapan absennya di akhir bulan.

Alasannya karena ternyata absensi mereka tidak tercatat dengan baik disebabkan error saat melakukan absensi. HRD juga kebingungan karena hasil review bulanan juga berdasarkan catatan kehadiran para karyawan.

Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah ini, face recognition bisa menjadi jawabannya. Apa saja manfaat face recognition lainnya? Berikut penjelasannya.

Mengapa Face Recognition Penting?

Seperti diketahui, face recognition adalah sistem absensi yang mengidentifikasi wajah untuk mencatat kehadiran secara otomatis. Karyawan yang melakukan absensi harus menunjukkan wajahnya agar absensi bisa tercatat dengan baik.

Apa saja manfaat dari face recognition ini?

Pertama, meminimalisir kecurangan. Tidak ada lagi istilahnya titip absen atau rekapan absensi dimanipulasi. Sebab, face recognition memperjelas bahwa karyawan tersebut benar-benar melakukan absensi.

Jadi, HRD cukup melihat riwayat dari awal bulan untuk memastikan apakah benar karyawan datang ke kantor dan melakukan absensi dengan wajahnya sendiri? Dari sana, HRD tidak akan kesulitan lagi untuk melakukan review setiap bulannya.

Kedua, memastikan karyawan datang ke kantor. Face recognition memastikan bahwa karyawan melakukan absensi di area kantor. Saat melakukan absensi, akan terlihat suasana di belakang atau sekitar karyawan. Tentunya, HRD akan mengetahui dengan mudah mengenai lingkungan kantor.

Sistem face recognition juga umumnya tidak bisa berfungsi saat karyawan jauh dari area kantor.

Ketiga, absen lebih cepat dan mudah. Face recognition mempersingkat waktu absensi. Anda cukup mengarahkan ponsel ke wajah dan tersenyum. Absensi Anda pun akan tercatat dengan baik.

Anda bisa melakukannya di ponsel masing-masing sehingga tidak perlu mengantre untuk melakukan absensi scan jempol. Tidak hanya itu, prosesnya juga membantu Anda agar lebih cepat fokus terhadap pekerjaan.

Keempat, kemudahan integrasi data. Dengan software face recognition, Anda tidak hanya sekadar bisa melakukan absensi. Akan tetapi, data Anda akan terintegrasi dengan mudah dalam sistem HRD sehingga bisa merasakan fitur-fitur lainnya, seperti pengajuan cuti yang mudah, adanya task management, hingga mudahnya mengunduh payroll.

Kelima, memberikan pengalaman menyenangkan. Face recognition dapat meningkatkan produktivitas karena memberikan pengalaman menyenangkan bagi setiap karyawan dalam melakukan absensi.

Saat melakukan absensi dengan wajah, karyawan dapat melihat betapa segarnya diri mereka di pagi hari. Dari sini, karyawan akan merasakan suasana yang positif dan meningkatkan motivasi untuk semangat bekerja.

Rekomendasi Software untuk Face Recognition untuk Absensi Kerja

Supaya face recognition bisa berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan pula rekomendasi software yang bagus. Salah satu rekomendasi software face recognition yang bisa Anda coba adalah Waktoo Human Resource Management (HRM). 

Waktoo memudahkan sistem absensi Anda dengan fitur yang komprehensif. Selain itu, tidak hanya face recognition, Waktoo juga memiliki banyak fitur lain yang menunjang produktivitas dalam bekerja.

HRD akan merasa terbantu dengan platform ini. Contoh fitur lain yang ada dalam Waktoo HRM ini adalah pengaturan shift kerja, pengajuan administratif mandiri, adanya pengumuman dan kuesioner, hingga attendance management.

Jadi, karyawan dan HRD bisa mengurus segala macam permasalahan administrasi pekerjaan hanya dalam satu platform. Misalnya, karyawan ingin mengajukan cuti pada hari tertentu.

Karyawan tidak perlu membuat surat atau melalui proses rumit lainnya. Karyawan hanya perlu membuka aplikasi Waktoo dan mengajukan secara mandiri lewat aplikasi tersebut. Di sana, sudah disediakan fitur pengajuan yang sangat jelas, mulai dari ingin ingin cuti tanggal berapa dan pengisian alasannya.

Nantinya, HRD tinggal menyetujui pengajuan cuti tersebut. Setelah disetujui, Anda pun bisa cuti dengan tenang tanpa harus khawatir permasalahan absensi. Terakhir, Waktoo juga memiliki fitur payroll sehingga permasalahan gaji, pajak, hingga tunjangan dapat terhitung dengan baik.

Karyawan tidak perlu khawatir HRD salah menghitung dengan fitur ini. Dengan Waktoo, perusahaan bisa mengefektifkan permasalahan administrasi. Jadi, para karyawan bisa fokus untuk meningkatkan kinerja agar bisa membantu perusahaan berkembang.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda