Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Produktivitas Karyawan Meningkat dengan 5 Cara ini

Memahami cara meningkatkan produktivitas karyawan akan memberikan dampak positif bagi perusahaan atau bisnis. Seperti diketahui, karyawan hanyalah manusia biasa. Banyak faktor yang dapat memengaruhi produktivitas mereka. Misalnya, karena merasa lelah, permasalahan dengan keluarga, dan sebagainya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui hal apa yang bisa membantu mengembalikan semangat mereka kembali sehingga dapat bekerja efektif. Harapannya, karyawan bisa tetap menjaga performa terbaik mereka dalam kondisi apa pun.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

1. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif dapat diartikan sebagai lingkungan yang suportif, terjaga kebersihan dan keamanannya, hingga fasilitas yang mendukung.

Dengan lingkungan semacam itu, karyawan bisa lebih nyaman dalam bekerja sehingga memengaruhi produktivitas mereka. Lingkungan semacam itu juga bisa mengurangi stres apabila karyawan memiliki masalah di rumah. Tidak hanya itu, mereka juga bisa lebih fokus dalam bekerja karena minim gangguan.

2. Memberikan Pelatihan yang Sesuai

Pelatihan dapat membantu karyawan belajar hal-hal baru. Umumnya, seseorang yang sedang belajar akan bersemangat untuk mempraktikkan apa yang dipelajarinya. Maka dari itu, berikanlah pelatihan yang memang sesuai atau berkaitan dengan pekerjaan mereka.

Contohnya, seorang sales diberikan pelatihan mengenai public speaking. Hal tersebut akan membuat sales terpacu untuk melatih public speakingnya sehingga bisa memengaruhi calon klien untuk memutuskan membeli produk atau layanan mereka. Pelatihan juga meningkatkan semangat dan tekad karyawan agar bekerja lebih baik lagi.

3. Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan

Walaupun bukan faktor satu-satunya, tetapi permasalahan kesejahteraan karyawan tentunya sangat memengaruhi produktivitas. Karyawan akan lebih bersemangat apabila pekerjaan mereka dihargai sebagaimana mestinya.

Misalkan, karyawan yang bekerja lebih akan mendapatkan bonus. Tidak harus selalu berupa uang. Akan tetapi, kesejahteraan menyangkut segala hal yang memberikan ketenteraman, keamanan, hingga keselamatan. Anda bisa memberikan reward lain yang membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja.

4. Memberi Ruang kepada Karyawan untuk Menyampaikan Ide

Setiap karyawan pastinya memiliki unek-unek atau ide masing-masing yang ingin disampaikan mengenai perusahaan tempat mereka bekerja. Biasanya, karyawan akan senang apabila ide mereka didengarkan apalagi diterapkan di perusahaan. 

Hal tersebut dapat memperbagus mood karyawan dan membuat mereka merasa dihargai. Jadi, mereka akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan ruang dan waktu seluas-luasnya kepada karyawan untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

Selain membuat karyawan lebih bersemangat, pendapat mereka juga bisa menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan.

5. Penerapan Sistem Kerja yang Jelas dan Adil

Terakhir, sistem kerja yang jelas dan adil akan membantu meningkatkan produktivitas karyawan. Karyawan tidak disibukkan dengan keluhan atau menaruh rasa curiga terhadap perusahaan.

Sistem kerja yang sudah jelas membuat mereka akan fokus bekerja lebih aktif karena mengetahui bahwa karyawan yang lebih produktif bekerja akan mendapatkan reward. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk para karyawan.

Apabila ada perubahan, perusahaan harus melakukan sosialisasi. Jadi, karyawan tidak merasa kebingungan dan membuat fokus bekerja mereka hilang karena memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak mereka pikirkan.

Kesimpulannya, cara meningkatkan produktivitas karyawan berkaitan dengan bagaimana membuat semangat karyawan meningkat dan mood karyawan stabil. Sebab, hal-hal tersebut akan membantu karyawan agar bisa lebih fokus bekerja dan menumbuhkan tekad yang kuat untuk bekerja lebih baik lagi untuk memajukan perusahaan.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda