Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

5 Cara Mengatasi Kelelahan dalam Bekerja

Memahami cara mengatasi kelelahan dalam bekerja bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas. Pasalnya, tidak jarang produktivitas Anda menurun karena kesulitan memulihkan diri setelah bekerja.

Di artikel ini, Anda akan menemukan cara bagaimana agar tidak terlalu sering kelelahan dalam bekerja. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bantu Kamu Atasi Burnout Saat Bekerja

  1. Hindari Bekerja saat Jam Istirahat

Tidak jarang, Anda melewatkan jam istirahat karena merasa salah satu pekerjaan Anda “tanggung” untuk diselesaikan. Jadi, Anda memilih melewatkan jam istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Namun, setelah menyelesaikan pekerjaan itu, Anda sudah tidak punya cukup waktu lagi untuk beristirahat. Oleh sebab itu, hindarilah bekerja berlebihan saat jam istirahat telah tiba.

Manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin untuk mengisi tenaga dengan makan-makanan bergizi, hingga bercengkerama santai dengan sesama rekan kerja. Hal tersebut efektif untuk melepas penat sementara dari beban pekerjaan yang menumpuk.

  1. Menerapkan Teknik Pomodoro

Sederhananya, teknik pomodoro merupakan teknik 25 menit bekerja, 5 menit beristirahat. Maksudnya, Anda bisa memasang timer dan mencoba fokus bekerja tanpa gangguan apa pun selama 25 menit ke depan.

Setelah waktu tersebut habis, tinggalkan dahulu pekerjaan Anda sejenak untuk beristirahat selama 5 menit. Waktu ini bisa digunakan untuk sekadar bersandar di kursi atau menenangkan pikiran.

Teknik ini cukup efektif karena memang manusia itu tidak bisa fokus dalam jangka waktu yang sangat panjang. Oleh sebab itu, cobalah gunakan teknik pomodoro ini untuk mengatur energi Anda dalam bekerja.

  1. Langsung Pulang ke Rumah setelah Bekerja

Selama satu hari, Anda bekerja selama kurang lebih 8 jam. Umumnya, Anda sudah harus berada di kantor antara jam 8 atau 9 pagi. Kemudian, baru pulang sekitar jam 5 sore. Artinya, Anda hanya mempunyai waktu istirahat yang sebentar sebelum kembali bekerja pada keesokan harinya.

Itulah mengapa, untuk menghemat energi, Anda bisa langsung pulang ke rumah setelah bekerja atau saat jam pulang tiba. Minimalisir aktivitas yang berat setelah jam kantor. Hal ini membantu Anda untuk menjaga diri tetap bugar untuk mulai bekerja pada esok hari.

  1. Manajemen Tugas dengan Baik

Mengetahui Anda memiliki tugas-tugas yang menumpuk sudah cukup membuat energi Anda terkuras. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan manajemen tugas dengan baik. Tetapkanlah skala prioritas dari setiap tugas-tugas yang ada.

Jadi, Anda bisa fokus mengerjakan sesuatu yang memang penting. Manajemen tugas membantu Anda untuk menghemat energi dari sesuatu yang bisa menguras habis energi Anda.

Tidak hanya itu, manajemen tugas juga membantu Anda untuk bekerja secara lebih efektif. Anda pun bisa menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat dan teratur.

  1. Menjaga Pola Makan

Terakhir, menjaga pola makan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kelelahan dalam bekerja. Alasannya, pola makan dapat memengaruhi tubuh Anda.

Makan-makanan yang baik dan bergizi akan meningkatkan energi dan organ tubuh Anda dapat berfungsi dengan sehat atau sebagaimana mestinya. Namun, apabila Anda terlalu berlebih-lebihan mengonsumsi sesuatu, hal tersebut dapat memengaruhi energi tubuh Anda.

Pola makan yang tidak diperhatikan dapat membuat Anda lebih mengantuk, lebih cepat lelah, hingga memengaruhi kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

Itulah cara mengatasi kelelahan dalam bekerja. Kesimpulannya, Anda harus memiliki kontrol terhadap aktivitas serta segala hal yang Anda konsumsi. Dengan mengontrol hal tersebut, Anda bisa mengatur intensitas dalam bekerja. Jadi, Anda bisa bekerja dengan lancar tanpa harus sering merasa kelelahan.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda