5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Hari Pertama Masuk Kerja

Lulus dalam proses seleksi rekrutmen kerja bukanlah akhir dari segalanya. Pasalnya, momentum saat mulai bekerjalah justru menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi mereka yang pertama kali terjun dalam dunia kerja. Setelah melakukan tanda tangan kontrak, umumnya HRD akan menanyakan kesiapan kapan kamu bisa mulai bekerja ke kantor. 

Hari pertama masuk kerja tentunya jadi hari yang ditunggu-tunggu bagi para fresh graduate. Karena di hari inilah, kamu akan dihadapkan pada realita dan atmosfer dunia kerja yang selama ini mungkin belum pernah kamu rasakan. 

Tak jarang, perasaan canggung dan grogi bisa saja menyelimuti kamu saat menunggu hari itu datang. Oleh karenanya, hari pertama kerja jadi hari penting yang perlu disukseskan agar menjadi hari yang berkesan.

Banyak dari fresh graduate yang masih kebingungan apa saja hal yang harus mereka perhatikan saat hari pertama masuk kerja. Berikut ini ada 5 hal yang setidaknya perlu kamu perhatikan saat masuk kantor baru, diantaranya.

1. Perkenalan

Masuk ke lingkungan dan suasana baru tentunya menjadi tantangan sendiri bagi mereka yang baru saja masuk pada hari pertama kerja. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu bersikap santai namun tetap tunjukkan rasa antusias agar tidak terlalu kaku.

Baca Juga Cara Jitu Menjawab 8 Pertanyaan Interview HRD

Biasanya di hari pertama masuk kerja, HRD akan mengajakmu untuk berkeliling kantor untuk pengenalan dengan karyawan seisi perusahaan, hingga pembagian departemen serta ruangan kerja. 

Agar mendapat kesan baik, kamu perlu beradaptasi baik dengan pihak internal maupun eksternal di kantor barumu. Cobalah untuk melempar senyum saat berpapasan dengan karyawan yang bekerja di kantor tersebut.

Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memperkenalkan diri. Perkenalkan dirimu saat HRD atau atasan memberikan waktu bagi kamu untuk memperkenalkan diri. Atau kamu juga bisa berkenalan secara pribadi dengan rekan-rekan kerjamu.

2. Membaca Budaya Kerja dan Pola Komunikasi

Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya kerja atau kultur yang menjadi pedoman berpikir dan berperilaku bagi seluruh karyawannya.  Budaya ini biasanya tercermin dari kinerja para pegawainya serta citra yang terbentuk di masyarakat atas perusahaan tersebut. 

Selain melakukan perkenalan diri, kamu juga perlu membaca budaya kerja dan pola komunikasi yang diterapkan di perusahaan tersebut. Kamu juga bisa bertanya secara lebih detail pada HRD atau atasanmu mengenai hal ini. 

Tak hanya mengenali budaya kerja, kamu juga perlu memahami pola komunikasi yang dibangun khususnya dalam tim kamu. Kenalilah bagaimana rekan kerja berkomunikasi dengan atasan via tatap muka maupun telepon. Apakah menggunakan bahasa casual atau fomal?

Cari tahu juga aplikasi apa yang paling sering digunakan saat meeting online, pelajari sebaik mungkin dalam penggunaannya. Lalu perhatikan orang-orang yang sering menghadiri meeting bersamamu, dan yang namanya sering tercantum dalam e-mail atau informasi lain yang kamu terima. Cobalah untuk mengenali peranan mereka dalam pekerjaanmu.

3. Workflow Kerja

Sebagai karyawan baru, tentunya masih asing dengan workflow kerja di kantor dan tim baru. Untuk memahami lebih dalam mengenai alur kerja, kamu bisa bertanya secara langsung pada atasan atau rekan divisi.

Catatlah poin-poin penting terkait hal-hal yang perlu kamu persiapkan dan pelajari serta tanyakan juga bagaimana speed (kecepatan) dalam bekerja yang diharapkan oleh atasanmu. Mengingat kamu karyawan baru di kantor, tidak ada salahnya untuk meminta bimbingan pada rekan satu divisi atau atasanmu jika suatu waktu kamu masih mengalami kebingungan saat menyelesaikan pekerjaan.

Umumnya, karyawan baru butuh waktu sekitar 6 bulan hingga 1 tahun untuk beradaptasi dengan alur kerja di tempat baru. Meski butuh waktu yang lama, tetap percaya dirilah dalam meng-improve skill yang kamu miliki agar mendapatkan performa terbaik dalam pekerjaan tersebut.

Baca Juga 5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Sebelum Wawancara

4. Time Management

Bekerja pada dasarnya adalah aktivitas yang menuntut kita untuk menyelesaikan segudang tugas dan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab. Oleh karenanya, seorang karyawan perlu memiliki manajemen waktu yang baik agar bisa mengerjakan tugas secara tepat waktu.

Salah satu alasan pentingnya time management adalah kita bertanggung jawab atas tugas-tugas atau pekerjaan yang kita punya dengan mengerjakannya tepat waktu. Selain itu, kita bertanggung jawab dengan waktu yang kita punya bahwa kamu memanfaatkan waktu tersebut dengan baik.

Mengingat pentingnya time management saat bekerja, sehingga kamu perlu mengasahnya dengan baik. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kita bisa meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas kita. Serta, bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

5. Manajemen Stress

Setiap pekerjaan tentunya memiliki beban kerjanya tersendiri. Terlebih bagi kamu yang baru saja beradaptasi dengan alur kerja di tempat baru. Tidak jarang banyak karyawan baru yang merasakan stress akibat beban kerja yang terlalu berat. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu mempersiapkan hal-hal yang kamu lakukan untuk mengelola stress di tempat kerja.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan aktivitas favoritmu saat istirahat kerja misalnya membaca buku maupun bermain game. Ingatlah bahwa untuk melakukannya, kamu perlu memiliki time management yang baik agar tugas yang kamu kerjakan bisa selesai sebelum deadline berakhir.

Selain itu, kamu juga bisa sharing pada bagian HRD terkait kesulitan yang kamu rasakan saat bekerja jika memang sudah tidak bisa diatasi. HRD profesional tentu akan membantumu untuk mengidentifikasi penyebab stress yang kamu rasakan. Dalam hal ini, mereka juga mendapatkan masukan terkait program yang perlu diterapkan di kantor untuk meminimalisir tingkat stress karyawan di tempat kerja.

Nah, itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat hari pertama masuk kerja di kantor baru. Mana dari kelima poin tersebut yang sudah kamu siapkan?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda