Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Cara Mengatur Uang THR agar Masih Tersisa setelah Lebaran

Berdasarkan aturan dari Kementerian Ketenagakerjaan, Tunjangan Hari Raya (THR) harus diberikan paling lambat H-7 sebelum lebaran. Artinya, sudah banyak karyawan yang menerima bonus hari raya ini. Setelah menerima tunjangan, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatur uang THR.

Alasannya karena Anda tidak hidup pada hari lebaran saja. Namun, masih banyak hari-hari ke depan yang harus Anda pikirkan. Memang, umumnya Anda cenderung menghabiskan uang THR untuk momen lebaran.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa menyisihkan sedikit untuk keperluan di masa yang mendatang.

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengatur uang THR agar masih tersisa untuk dimanfaatkan setelah lebaran nanti. Yuk, simak semuanya di sini.

Baca Juga: Bukan Alasan untuk Bermalas-Malasan, ini Tips Produktif Bekerja di Bulan Ramadan

Membuat Alokasi Pengeluaran yang Jelas

Setelah mengetahui secara pasti jumlah THR yang diterima, Anda bisa langsung membuat alokasi pengeluaran. Pahami kebutuhan Anda, apa yang diperlukan saat lebaran, dan segala macamnya.

Pos-pos pengeluaran ini menghindari dari pemborosan yang tidak penting. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memenuhi keinginan Anda tanpa harus khawatir karena sudah membuat alokasi yang jelas.

Menentukan Prioritas Pengeluaran

Dalam momen lebaran, Anda pastinya ingin banyak berbagi kepada keluarga. Anda bisa menjadikan bersedekah sebagai prioritas pengeluaran Anda. Hal ini membantu Anda menentukan besaran jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Tidak hanya itu, prioritas pengeluaran juga membantu Anda menahan diri dari membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan saat ini. Jadi, Anda bisa lebih banyak menyimpan uang untuk kehidupan setelah lebaran.

Menabung

Cara ini tentunya harus dilakukan apabila masih ingin memiliki uang sisa setelah lebaran. Sebelum membeli berbagai macam hal, Anda harus segera menyisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung.

Menabung bisa dilakukan di mana saja, seperti disimpan di bank yang berbeda, hingga meletakkan di tempat yang sulit dikeluarkan. Tujuannya agar tabungan Anda tetap utuh.

Berinvestasi

Sama seperti menabung, bedanya investasi dilakukan untuk jangka panjang. Jadi, Anda baru bisa memanfaatkan hasil investasi setelah waktu yang lama.

Namun, berinvestasi sangat cocok bagi Anda yang kesulitan menahan diri untuk menghamburkan uang. Dengan investasi, Anda akan kesulitan mengambil uang itu untuk dibelanjakan.

Meminimalisir Jalan-Jalan dan Belanja Tanpa Rencana Keuangan

Saat liburan, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan atau pergi berbelanja. Namun, pastikan bahwa Anda sudah melakukan rencana keuangan yang matang. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak menghabiskan THR karena kegiatan tersebut.

Sebelum berangkat, pastikan Anda telah melakukan alokasi untuk segalanya. Misalnya, perkiraan biaya tiket masuk, biaya makan, berbelanja pakaian, dan sebagainya.

Itulah tips mengatur uang THR agar masih tersisa setelah lebaran. Sudahkah Anda membuat alokasi pengeluaran yang tepat?

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda