Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Dampak Presensi Online terhadap Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja karyawan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor besar. Tahukah Anda, faktor kecil seperti presensi saja ternyata secara tidak langsung dapat memengaruhi produktivitas kerja Anda.

Presensi yang dilakukan di pagi hari dapat memengaruhi mood para pekerja pada sepanjang hari. Sebagai contoh, seorang karyawan bersemangat datang sangat pagi untuk bekerja. Namun, saat sampai di kantor, ia harus menghadapi kenyataan bahwa mesin absensi sedang error.

Karyawan tersebut pun merasa khawatir kehadirannya tidak tercatat dengan baik. Selain itu, karyawan itu merasa kedatangannya di pagi hari sia-sia karena presensinya tidak terdata.

Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari pengaruh presensi bagi produktivitas kerja karyawan pada sepanjang hari tersebut. Maka dari itu, presensi online bisa menjadi solusi dalam hal ini. 

Seperti apa dampak presensi online terhadap produktivitas kerja? Simak semua penjelasannya di sini!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan

Dampak Positif Presensi Online terhadap Produktivitas Kerja

Presensi online memiliki dampak positif terhadap produktivitas kerja karena memberikan efisiensi kepada para karyawan. Tidak hanya itu, penggunaan teknologi juga membantu melakukan otomatisasi. Jadi, para karyawan bisa lebih cepat dalam presensi dan tidak perlu merasa khawatir ketika melakukannya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pengelolaan Waktu yang Jelas

Dengan presensi online, karyawan bisa mengatur waktunya secara lebih jelas. Misalkan, dalam aplikasi presensi online tersebut, terdapat pengumuman mengenai waktu masuk, istirahat, hingga pulang.

Tidak hanya itu, aplikasi yang menyediakan presensi online umumnya akan memberi pengingat bagi para karyawan yang belum melakukan presensi. Jadi, karyawan tidak perlu khawatir dirinya sering terlambat.

Dengan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi presensi online, karyawan dapat mengelola waktunya dengan baik. Jadi, karyawan bisa menghitung kapan harus berangkat, kapan mulai bekerja secara maksimal, memanfaatkan waktu istirahat dengan baik, dan kembali bekerja setelah istirahat. 

Memperbagus Mood

Presensi online membantu memperbagus mood Anda karena minim error dan meminimalisir kecurangan absensi. Selain itu, presensi online dapat memperbagus mood Anda karena tampilan-tampilan yang ada dalam aplikasi membuat Anda merasa lebih segar.

Tidak hanya itu, presensi online juga sangat mudah dilakukan sehingga tidak terlalu menguras energi. Dengan fitur face recognition, Anda juga hanya perlu mengangkat ponsel dan tersenyum untuk memastikan kehadiran tercatat dengan baik. Hal ini akan memperbagus mood dan membuat Anda lebih siap untuk bekerja. 

Fitur untuk Membantu Manajemen Kerja

Dalam aplikasi presensi online, terdapat fitur-fitur yang membantu dalam manajemen kerja. Selain itu, karyawan bisa saling berkoordinasi dengan mudah satu sama lain.

Melalui presensi online pula, karyawan bisa mengetahui status absensi dari karyawan lain. Apakah hari ini karyawan tersebut masuk, izin, sakit, atau sedang bertugas di luar. Intinya, aplikasi presensi online memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan tim secara cepat dan mudah.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda