Proses Administrasi Gajian Jadi Lebih Mudah dengan Waktoo

Salah satu tugas HRD adalah memastikan bahwa karyawan mendapatkan hak berupa gaji setiap bulannya. Sayangnya, jumlah karyawan yang semakin banyak dalam perusahaan seringkali menyulitkan bagian HRD dalam proses penggajian karyawan. 

Terlebih jika pengelolaan administrasi gajian masih menggunakan proses manual. Selain menyita banyak waktu, juga akan menghabiskan lebih banyak tenaga oleh bagian personalia.

Seiring berkembangnya era digital, banyak bermunculan aplikasi payroll online yang digunakan untuk membantu bagian personalia perusahaan dalam mengelola sistem gaji secara otomatis. 

Apa Itu Payroll Online Beserta Keuntungannya

Payroll online adalah sistem pemrosesan gaji dan pembayaran karyawan secara daring (online). Payroll online biasanya menyediakan fitur-fitur seperti otomatisasi pemrosesan gaji, pembuatan laporan, dan manajemen cuti karyawan. Sistem ini mempermudah pengelolaan payroll dan memastikan transparansi dan akurasi dalam pembayaran gaji karyawan.

Software atau aplikasi payroll ini biasanya akan terintegrasi dengan sistem presensi karyawan sehingga penghitungan gaji karyawan menjadi lebih cepat dan mudah dari sebelumnya yang penghitungannya bersifat manual. 

Melalui aplikasi payroll, perusahaan dapat mengkalkulasikan gaji karyawan beserta dengan komponen seperti bonus, tunjangan, potongan asuransi secara otomatis sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan sistem payroll online, antara lain:

1. Efisiensi waktu

Sistem payroll online dapat mempercepat proses pemrosesan gaji dan meminimalkan kesalahan manual yang memungkinkan perusahaan untuk menyediakan gaji dan laporan tepat waktu.

2. Akurasi

Sistem payroll online memastikan bahwa semua informasi dan data gaji karyawan disimpan dan diolah secara akurat. Tentunya, ini bisa meminimalkan risiko kesalahan dan memastikan bahwa semua karyawan menerima gaji yang tepat.

3. Transparansi

Sistem payroll online memastikan bahwa semua informasi dan data gaji tersedia secara transparan bagi perusahaan dan karyawan. Selain itu, juga dapat membantu menjaga integritas dan memastikan bahwa semua pembayaran gaji dilakukan dengan adil.

4. Peningkatan Produktivitas

Dengan mempermudah proses pemrosesan gaji, sistem payroll online memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk memprioritaskan aktivitas lain yang lebih penting.

5. Fleksibilitas

Sistem payroll online memungkinkan perusahaan untuk mengelola payroll dari mana saja dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Ini membuat proses payroll menjadi lebih mudah dan efisien.

6. Pemantauan

Sistem payroll online memungkinkan perusahaan untuk melacak dan memantau pemrosesan gaji, laporan pajak, dan laporan lainnya. Sistem penggajian ini memastikan bahwa semua informasi tersedia dan dapat diakses dengan mudah.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda