Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Sistem Absensi Online

Di tengah kecanggihan teknologi saat ini, sistem absensi online hadir sebagai solusi inovatif dalam mengelola kehadiran karyawan. Seiring dengan perkembangan digitalisasi, berbagai aplikasi dibuat untuk memudahkan pekerjaan HR, mulai dari absensi, penggajian, hingga kalkulator pajak karyawan.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa dengan adopsi teknologi digital, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kerja hingga 45%. Namun, di balik manfaatnya, ada berbagai tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan saat beralih ke absensi online.

Ketergantungan pada Koneksi Internet

Bayangkan saat Anda ingin absen, tapi koneksi internet sedang lelet? Frustrasi, bukan? Sebagus apapun sistem absensi online, tanpa koneksi internet yang stabil, semua menjadi sia-sia. Solusinya? Pastikan kita memilih sistem yang memiliki fitur offline. Juga, penting bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam infrastruktur jaringan yang baik.

Keamanan Data

Siapa yang tidak khawatir data pribadinya bocor? Data kehadiran karyawan adalah hal yang sensitif. Kita harus memastikan bahwa platform yang kita pilih memiliki pertahanan kelas berat terhadap serangan siber.

Resistensi Karyawan terhadap Teknologi Baru

Tidak semua orang suka perubahan, apalagi jika terkait dengan teknologi. Ada baiknya sebelum implementasi, kita melakukan sosialisasi dan pelatihan untuk memastikan semua orang di perusahaan merasa nyaman dengan sistem baru.

Kesalahan Input Data

Manusia memang tidak luput dari kesalahan. Meski sudah digital, kadang karyawan bisa salah input data. Penting bagi sistem untuk memiliki fitur validasi otomatis dan memberi tahu karyawan jika ada kesalahan.

Biaya Implementasi

Semua yang baik pasti ada harganya. Pengadaan absensi online memang memerlukan biaya. Namun, jika dilihat dari manfaat jangka panjang, tentunya ini adalah investasi yang sepadan.

Lalu, bagaimana solusinya ?

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, kita bisa memastikan bahwa transisi ke absensi online tidak hanya menjadi trend sesaat, tetapi solusi jangka panjang untuk perusahaan. Namun jangan khawatir, karena Waktoo dapat memberikan solusi dari tantangan-tantangan tersebut.

Absen di Waktoo bisa offline

Dengan absensi online Waktoo, tidak perlu lagi khawatir soal ketidak tersediaan jaringan internet yang memadai. Kita bisa melakukan absensi secara offline, dan waktu kehadiran akan tercatat saat device sudah terhubung kembali ke internet. Semua data yang telah di input di aplikasi Waktoo akan tersimpan aman di Cloud dan tidak dapat di otak-atik oleh siapapun. Secara keamanan data, Waktoo sangat memenuhi standar.

Terintegrasi dengan Payroll Online

Aplikasi kami juga terintegrasi dengan payroll. Payroll online berbasis cloud, memberikan kemudahan bagi HR dan business owner. Mulai dari menghitung gaji, PPh 21, THR, hingga BPJS, semua dilakukan secara online dan otomatis.

Tak hanya itu, pekerjaan administrasi HR lainnya, seperti manajemen absensi karyawan, cuti, pola kerja, lembur, dan aspek-aspek lainnya juga dapat dikelola dengan mudah melalui aplikasi HRIS Waktoo. Setiap detail yang Anda masukkan ke dalam Waktoo akan tersimpan dengan aman di Cloud. Data Anda terlindungi, dan tidak ada pihak yang bisa mengubahnya tanpa izin. Untuk keamanan dan kemudahan dalam pengelolaan payroll, Waktoo adalah pilihan terbaik.

Tidak perlu biaya yang mahal

Anda dapat berlangganan waktoo dengan IDR 10.000/user, sudah mendapatkan berbagai macam fitur seperti Data Personalia, Catatan Kehadiran, Manajemen Shifting, Aktivitas Pegawai, Penggajian & THR, Kelola Pinjaman, Portal Personalia, Pembukuan Gaji, Kelola Sakit & Izin, Kelola Cuti, Kelola PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan, dan laporan analisis performa karyawan.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda