Produk


Solusi


Blog


Hubungi Kami


Jadwalkan Demo

Rekrutmen Karyawan Jadi Lebih Efektif dengan Cara ini

Tidak jarang, rekrutmen karyawan baru menjadi suatu hal yang rumit dan melelahkan untuk dilakukan. Sebab, Anda harus melakukan berbagai tahapan agar bisa mendapatkan sumber daya manusia terbaik. Contohnya, menyeleksi CV yang masuk ke email secara manual, memberikan tes, memanggil kandidat yang lolos interview, hingga bernegosiasi. 

Namun, bagaimana jadinya apabila ada cara untuk melakukan rekrutmen karyawan secara efektif? Artikel ini akan memberikan jawabannya untuk Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Software Rekrutmen Yang Bisa Diterapkan di Perusahaan Anda

Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Rekrutmen Karyawan

Dalam melakukan rekrutmen karyawan, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan. Mengetahui hal ini akan membantu proses rekrutmen Anda lebih efektif. Rekrutmen pun menjadi lebih cepat, mudah, dan terarah karena Anda telah memahami apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan.

  • Memenuhi Kualifikasi

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan adalah kecocokan kandidat yang melamar dengan kualifikasi pekerjaan. Dalam menentukan kualifikasi, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan atau budaya perusahaan. Hal ini membantu menyeleksi CV lebih cepat.

  • Memiliki Pengalaman yang Relevan

Karyawan yang telah memiliki pengalaman relevan diharapkan dapat cepat beradaptasi dengan tugas-tugas yang akan diberikan nantinya. Jadi, karyawan tersebut bisa segera fokus untuk melakukan pekerjaan yang memiliki pengaruh besar bagi perusahaan Anda.

  • Motivasi Melamar Pekerjaan

Cari tahu motivasi atau tujuannya dalam melamar pekerjaan. Hal ini nantinya bisa menjadi gambaran bagaimana karyawan tersebut bekerja nantinya. Mereka yang memiliki motivasi kuat akan tekun dalam belajar hal-hal baru yang akan ia temukan. Mereka juga akan lebih giat dalam bekerja.

  • Latar belakang atau kepribadiannya

Penting untuk melakukan background check agar Anda bisa mengetahui bagaimana selama ini cara kandidat bekerja. Hal ini nantinya sedikit demi sedikit juga memberi Anda pengetahuan mengenai seperti apa kepribadiannya. Kedua hal tersebut memengaruhi kinerja karyawan ke depannya.

  • Ekspektasi gaji

Terakhir, ekspektasi gaji menjadi salah satu hal yang harus Anda sangat pertimbangkan. Pastikan bahwa Anda dan kandidat memang sama-sama menyetujui besaran gajinya. Hal ini menghindarkan dari rendahnya kinerja karyawan karena merasa bayaran yang didapatkan tidak sesuai.

Tahapan-Tahapan Rekrutmen Karyawan

Setelah memahami hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam merekrut karyawan, Anda juga perlu mengetahui tahapan-tahapan rekrutmen efektif. Tujuannya supaya perekrutan yang dilakukan tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  • Menganalisis Kebutuhan Perusahaan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menganalisis kebutuhan perusahaan. Anda harus memahami anggota tim  apa yang memang saat ini dibutuhkan perusahaan. Dari sini, Anda pun bisa mengetahui karyawan seperti apa yang harus direkrut.

Kemudian, Anda harus menentukan seperti kualifikasi, jobdesk secara umum, hingga benefit apa yang akan didapatkan karyawan. Tidak hanya itu, saat melakukan tahapan ini, Anda bisa membuat perencanaan penyebaran lowongan kerja nantinya.

  • Membuat Informasi Lowongan Pekerjaan dan Menyebarkannya


Setelah analisis dilakukan, waktunya untuk membuat informasi lowongan pekerjaan. Anda bisa membuat poster atau deskripsi mengenai kandidat seperti apa yang Anda butuhkan.

Sebarkanlah lowongan pekerjaan Anda pada situs-situs lowongan pekerjaan. Hal ini membantu mempercepat agar menemukan kandidat yang cocok.

  • Melakukan Seleksi Kandidat

Berikutnya, Anda bisa melakukan seleksi kandidat berdasarkan CV yang mereka kirimkan. Dalam melakukan seleksi kandidat, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal yang telah disebutkan di atas. 

  • Memanggil Kandidat untuk Interview atau Tes

Setiap perusahaan memiliki tahapan masing-masing. Ada yang perlu melakukan tes dahulu atau langsung ke tahapan interview setelah seleksi dokumen, Intinya, pada tahapan ini, Anda bisa menggali lebih dalam tentang calon karyawan Anda. 

  • Memilih Kandidat dan Memberikan Offering Letter

Setelah Anda mendapatkan hasil interview atau tes, waktunya untuk memilih kandidat dan memberikan offering letter. Pada tahapan ini, umumnya kandidat akan membaca dahulu tawaran yang Anda berikan. Apabila setuju, kandidat akan menandatanganinya dan sudah bisa bekerja sesuai kebijakan perusahaan Anda.

Tahapan-tahapan  rekrutmen karyawan setiap perusahaan berbeda-beda. Ada yang memang singkat atau memerlukan tahapan panjang dan rumit. Akan tetapi, intinya adalah seleksi berkas menjadi pertimbangan paling awal saat ingin merekrut karyawan. 

Melalui CV, Anda sudah bisa mengetahui apakah seorang kandidat cocok menjadi karyawan perusahaan Anda atau tidak. Hal tersebut didasarkan pada kesesuaian kualifikasi, pengalaman yang relevan, hingga latar belakang serta kepribadiannya.

Penggunaan Software untuk Mempermudah Proses Rekrutmen

Dari tahapan-tahapan rekrutmen, bisa dikatakan bahwa proses tersebut sangatlah panjang dan membutuhkan banyak waktu. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak software-software HR bermunculan yang siap membantu Anda.

Inilah jawaban bagi Anda yang ingin melakukan proses rekrutmen secara lebih efektif. Salah satu software yang menawarkan solusi untuk kerumitan proses rekrutmen ini adalah Waktoo Recruitment. Software ini membantu Anda untuk mendapatkan karyawan sesuai ekspektasi Anda. 

Apa saja yang dapat Waktoo Recruitment lakukan untuk membantu Anda?

Pertama, Anda bisa membuat website khusus rekrutmen sehingga segala aktivitas rekrutmen dapat dilakukan di tempat tersebut. Hal ini lebih efektif sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak platform untuk melakukan perekrutan.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan rekrutmen palsu yang mengatasnamakan perusahaan Anda.

Kedua, menyeleksi calon karyawan dengan sistem skor sesuai kategori yang dibutuhkan. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyeleksi CV secara manual. Anda bisa membuat kategori berdasarkan hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih karyawan. 

Nantinya, CV akan otomatis diseleksi oleh sistem dan dinilai sesuai dengan perbandingan antara kebutuhan perusahaan dan data yang diinput oleh pelamar.

Ketiga, historikal pelamar. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat riwayat lamaran mereka di perusahaan Anda. Jadi, Anda bisa melihat apakah pelamar pernah gagal dalam proses rekrutmen sebelumnya. Hal ini akan mengefisienkan waktu dan tenaga Anda.

Kesimpulannya, rekrutmen karyawan bisa dilakukan secara lebih efektif dengan penggunaan software, seperti Waktoo. Anda bisa melakukan semua proses perekrutan dalam satu platform sehingga tidak kebingungan lagi saat melakukan seleksi kandidat.

Artikel Lainnya

Ayo tingkatkan kinerja karyawan dengan tools yang tepat

diskusikan tantangan perusahaan anda